alexametrics
Kamis, 13 Mei 2021
Kamis, 13 Mei 2021

Barang Kerajinan Loteng Tembus Pasar Internasional

PRAYA-Kerajinan rotan dan ketak Lombok Tengah (Loteng) berhasil menembus pasar luar negeri. “Permintaan terbanyak datang dari Arab Saudi dan beberapa negara di Timur Tengah,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Loteng Muhammad Ikhsan.

Bahkan salah satu produk unggulan daerah Gumi Tatas Tuhu Trasna, dari tujuh produk unggulan yang ada tersebut, berhasil meraih juara satu tingkat nasional. Mengalahkan kerajinan rotan dan ketak di seluruh Indonesia pada kompetisi tudung saji Nusantara tahun 2020 lalu.

Kini, Dinas Koperasi dan UMKM mengingatkan para perajin mempersiapkan diri menghadapi kunjungan wisatawan dunia. Salah satunya saat Superbike November 2021 dan MotoGP Maret 2022 di Sirkut Mandalika.

Kerajinan rotan dan ketak itu, akan menjadi salah satu suvenir MotoGP dan Superbike. “Kendati pandemi Covid-19, saya bersyukur perajin rotan dan ketat tetap hidup,” sanjung Ikhsan.

Kata dia, itu karena permintaan tetap berdatangan. Berbicara kualitas, sebagian besar perajin sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA), anak perusahaan dari Indonesia Tourism Development Corporatioan (ITDC) yang bertanggung jawab dalam pembangunan sirkuit dan MotoGP.

“Kami berharap, kerajinan bambu juga diperhatikan,” sambung Mahuni, salah satu perajin anyaman bambu asal Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, terpisah.

Dia berharap, tidak saja pendidikan dan pelatihan atau peningkatan kapasitas usaha dan modal usaha. Melainkan, memastikan kerajinan bambu juga masuk di KEK Mandalika. Terutama MotoGP dan Superbike, atau pasar luar negeri.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Loteng Sri Sofiati memastikan siap memperjuangkan beberapa produk UMKM masuk ke KEK Mandalika. Salah satunya, lewat pameran untuk menunjukkan dan memperlihatkan, kualitas produk yang siap mendunia.

“Seperti yang kita jalankan sekarang pasar Ramadan. Ini menjadi salah satu pintu masuk. Semoga menjadi perhatian,” harap srikandi kelahiran 1979 tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks