alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Setahun Rusak, Ruang Kelas SMPN 1 Batukliang Utara Belum Juga Diperbaiki

PRAYA-Sudah satu tahun lebih gempa berlalu, sayangnya masih banyak fasilitas pendidikan yang terdampak di Lombok Tengah belum diperbaiki. Tengoklah, SMPN 1 Batukliang Utara. Di tempat itu, satu ruang kelas dan satu ruang guru, dibiarkan kosong karena tak bisa lagi difungsikan.

”Ada juga dua ruang kelas, yang kita alih fungsikan menjadi kantin sekolah dan ruang guru,” keluh Kepala SMPN 1 Batukliang Utara H Sukiyah pada Lombok Post, kemarin (19/11).

Dia berharap, pemerintah memberikan perhatikan. Selain rumah-rumah warga, fasilitas pendidikan juga mendesak untuk diintervensi.

”Usulan bantuan, sudah kami sampaikan ke Dinas Pendidikan (Disdik) Loteng. Mudah-mudahan, tahun depan ada jawaban,” harapnya lagi.

Kondisi dinding dan lantai ruang kelas dan ruang guru di sekolah di Desa Teratak tersebut, sudah retak dengan sebagian plafon terjatuh. ”Kalau gempa sekali lagi, pasti roboh total,” prediksinya.

Baca Juga :  Idul Fitri malah Main Judi, Enam Warga Tiwugalih Praya Ditangkap Polisi

Untuk itulah, pihaknya memutuskan untuk tidak menggunakan ruang tersebut. Kekhawatiran akan memakan korban jadi alasan ruangan dikosongkan.

Terpisah, Kepala Disdik Loteng H Sumum membenarkan penanganan pascagempa fasilitas pendidikanhingga kini belum dilaksanakan. Itu berlaku merata dari tingkat PAUD/TK, SD hingga SMP, baik negeri maupun swasta.

Penyebabnya, karena peralihan kebijakan dan regulasi di tingkat pusat. Sebelumnya, jika ada sekolah rusak, yang menanganinya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sekarang, dialihkan ke Kementerian PUPR.

Atas dasar itulah, pihaknya diperintah Bupati Loteng HM Suhaili FT segera melayangkan surat ke Kementerian PUPR. ”Diminta membuat tembusan langsung ke Presiden RI Joko Widodo,” beber Sumum.

Dia berharap, pemerintah pusat segera bersikap, memastikan kebijakan anggaran. ”Data-data kerusakan dan laporan secara teknis sudah lengkap, tinggal kita kirim saja. Salah satunya, SDN 3 Bodak,” tutupnya. (dss/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/