alexametrics
Sabtu, 15 Agustus 2020
Sabtu, 15 Agustus 2020

Lomba Kampung Sehat, Desa Barabali Loteng Panen Rupiah

Lomba Kampung Sehat mendatangkan berkah bagi Desa Barabali, Lombok Tengah. Sebagai desa penghasil kerajinan bak sampah, desa ini pun kebanjiran pesanan. Ekonomi warga pun menggeliat di tengah pandemi Covid-19.

———————————————-

 

KESIBUKAN para pemuda Dusun Kelanjuh Lauk, Desa Barabali, Kecamatan Peringgarata, Lombok Tengah, kini nyaris tiada jeda. Mereka mendapat orderan bak sampah dan pot bunga yang mereka buat dari ban bekas. Harganya dari Rp 50 ribu- Rp 150 ribu per satu bak sampah atau per satu pot bunga. Pesanan datang dari desa-desa lain di Loteng.

“Dusun Kelanjuh Lauk ini, mewakili 23 dusun di desa kami yang mengikuti lomba kampung sehat,” kata Kepala Desa Barabali Lalu Ali Junaidi pada Lombok Post, pekan lalu.

Usaha kerajinan ban bekas itu digeluti pemuda sejak beberapa tahun terakhir. Tahun ini, pemerintah desa akan menggelontorkan modal usaha. Kemudian akan mengajak kerja sama dengan badan usaha milik desa (BUMDes). “Kreasi lain, membuat meja dan kursi. Satu set seharga Rp 450 ribu,” ujar Ali.

Bahan baku diambil dari para pemilik mobil di Desa Barabali. Jika kekurangan stok, pemuda membeli ban-ban bekas dari daerah lain. Dalam 3 jam, mereka bisa membuat lima pot bunga dari satu ban bekas. Sementara satu set kursi dan meja memerlukan waktu sehari untuk selesai.

“Di Dusun Kelanjuh Lauk ini juga terdapat budidaya tanaman hidroponik,” paparnya. Warga memanfaatkan pekarangan rumah, menanam tanaman sayur-mayur, obat-obatan hingga tanaman hias. Namun, bukan untuk di jual. Melainkan untuk menambah keasrian rumah. Sekaligus memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dia menceritakan, saat harga cabai naik, warga di Dusun Kelanjuh Lauk tidak terpengaruh. Itu karena mereka tinggal memetik buah cabai di rumah masing-masing. Ada juga tomat, singkong, kunyit, lengkuas, daun sirih, kelor, lidah buaya, tanaman anggrek, lidah mertua dan masih banyak lagi.

Suasana lingkungan pun semakin asri dan sejuk. Karena masih ada tanaman pohon jati, bambu, kelapa, pepaya dan pohon pisang. Warga menjaga dan merawatnya. Jumlah kepala keluarga di Dusun Kelanjuh Lauk sendiri sebanyak 215 KK, atau sedikitnya seribu ribu jiwa. Mayoritas warganya bertani.

Dalam setahun, mereka menanam padi tiga kali. Terkadang tanaman sayur-mayur dan palawija. “Di tengah kesibukan warga saya sebagai petani. Mereka masih menjaga jiwa gotong royong,” kata Ali.

Gotong royong yang dimaksud, tidak saja membersihkan sampah. Melainkan lebih dari itu. Bentuknya, jika ada pembangunan rumah, warga ikut membantu. Biaya mahal pun menjadi murah. Contoh pembangunan bale mediasi pemerintah desa. Kalau dianggarkan mencapai Rp 200 juta. Tapi karena dikerjakan gotong rotong menjadi hanya butuh Rp 100 juta saja.

Itu karena, ada warga yang menyumbang batu, bata dan kayu. Kemudian menyumbang jasa sebagai tukang. “Kalau berbicara kebersihan dan kesehatan, kami jamin,” katanya.

Dusun Kelanjuh Lauk ini nol positif atau reaktif Covid-19. Berikutnya, nol buang air besar sembarangan, nol stunting atau penderita balita pendek, nol angka kematian ibu dan nol angka kematian bayi. Potret semacam itu, membuat pemerintah desa menjadikan Dusun Kelanjuh Lauk menjadi contoh bagi dusun-dusun yang lain.

“Menurut saya, kata kuncinya kesadaran warga bergotong royong,” katanya.

Berkat kesadaran itulah, warga tunduk dan patuh menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Keluar rumah saja, mereka menggunakan masker.

“Dari orang tua, remaja, hingga anak-anak,” katanya.

Bupati HM Suhaili FT optimis, Desa Barabali menjadi salah satu desa di Gumi Tatas Tuhu Trasna, yang sepertinya memenangkan lomba kampung sehat. Dari kesiapan fisik dan warga, sudah mantap. Tinggal penilaian saja.

“Saya memberikan apresiasi kepada pemerintah desa dan warga di Barabali,” katanya. (dss/r6)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Pandai Besi, Penyelamat Ekonomi Rarang saat Pandemi

EKONOMI Warga Desa Rarang, Kecamatan Terara, Lombok Timur tak meredup, meski pandemi Covid-19 masih berlangsung. Keberadaan pandai besi yang ditekuni warga setempat menjadi musababnya.

Desa Medana Buka Destinasi Wisata dengan Protokol Kesehatan Ketat

Dunia pariwisata memang lesu di tengah pandemi. Tapi tidak bagi Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. Tiga destinasi wisata di desa ini justru berkibar. Ada jurus jitu membuka destinasi wisata meski pandemi tengah mendera.

51.200 Pekerja NTB Masuk Daftar Penerima Bantuan Tambahan Penghasilan

Perusahaan di NTB harus bertanggungjawab. Mereka harus memastikan pekerja dengan upah di bawah Rp 5 juta mendapatkan bantuan tambahan penghasilan dari pemerintah. Sebab, hingga kemarin, di NTB, belum semua pekerja masuk daftar penerima bantuan.

Waspada Bahaya Klaster Covid 19 Baru di Sekolah

BARU beberapa hari sekolah dibuka, muncul klaster baru. Ketegasan pemerintah diharapkan banyak pihak. Sayangnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melempar tanggungjawab ke pemerintah daerah.

Kantor Layanan Publik Harus Jadi Contoh Pencegahan Covid 19 di NTB

nstansi pelayanan publik, BUMN, dan BUMD harus menjadi contoh penerapan protokol pencegahan Covid-19. ”BUMN dan BUMD berperan penting dalam mendisiplinkan masyarakat melalui budaya kerja dengan protokol kesehatan,” kata Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi, selaku ketua pelaksana harian Gugus Tugas Covid-19 NTB, saat memimpin rapat pembahasan pencegahan Covid-19, Rabu (12/8).

BRI Dorong Loyalitas Nasabah dan Pengembangan UMKM

Acara Panen Hadiah Simpedes BRI kembali digelar untuk masyarat.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Karyawan Swasta Gaji di Bawah 5 Juta Bakal Dapat Bansos Rp 600 Ribu

KONSUMSI masyarakat yang rendah membuat pemerintah memutar otak mencari solusi. Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menuturkan, pemerintah tengah memfinalisasi pemberian bansos bagi karyawan non PNS dan BUMN senilai Rp 600 ribu per bulan.

Bukan Bunuh Diri, Terungkap Mahasiswi Unram Dicekik Lalu Digantung

Misteri kematian mahasiswi Universitas Mataram (Unram), Linda Novitasari yang ditemukan meninggal di rumah BTN Royal Mataram, Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram pada Sabtu (25/7) lalu akhirnya terkuak.

Ayo, Pekerja NTB Setor Nomor Rekening Dapat Bantuan Rp 600 Per Bulan

Para pekerja yang merupakan karyawan swasta di NTB tak boleh ketinggalan. Bagian Sumber Daya Manusia (HRD) di setiap perusahaan di NTB diingatkan agar proaktif menyetorkan rekening karyawan untuk mendapatkan bantuan Rp 600 ribu per bulan dari pemerintah.

Penggali Kubur LNS di Mataram Sakit, Arwah Minta Organ Dikembalikan

Penyidik telah melakukan otopsi terhadap jenazah Linda Novita Sari (LNS) maha siswi unram yang diduga jadi korban pembunuhan. Bagian tubuh LNS diambil dokter forensik untuk proses pemeriksaan.
Enable Notifications.    Ok No thanks