alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Antisipasi Banjir, Kodim 1620/Lombok Tengah Bersihkan Saluran Drainase

PRAYA-Jajaran Kodim 1620/Lombok Tengah dan warga menggelar aksi bersih-bersih saluran drainase. Itu sebagai langkah antisipasi meluapnya air hujan. “Karena kasus banjir terjadi, salah satunya akibat menyempitnya saluran drainase dan aliran sungai,” ujar Dandim 1620/Loteng Letkol Inf I Putu Tangkas Wiratawan, kemarin (20/12).

Dikatakan, banjir diakibatkan oleh kebiasaaan warga membuang sampah sembarangan. Pemerintah desa/kelurahan di Loteng harus tegas. Karena jika tidak, maka akan menjadi ancaman warga itu sendiri. Seperti musibah banjir dibeberapa desa di wilayah Praya Timur, Pujut, Praya Barat maupun Praya Barat Daya.

“Ingat, kalau lingkungan kita bersih, kita juga pasti sehat. Begitu pula sebaliknya,” pesan Tangkas.

Untuk itu, kebersihan harus diawali dari diri sendiri, rumah hingga lingkungan masing-masing. Aksi bersih-bersih itu sendiri digelar di wilayah Praya. Kemudian bergeser hingga ke Bendungan Batujai. Yang ikut terlibat ada mahasiswa dari Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu, MI 1 Loteng, SMAN 1 Praya, warga Desa Batujai hingga para pemerhati lingkungan.

Baca Juga :  Juara Kampung Sehat di Loteng, Desa Jango Siap Menang di Provinsi

“Belajar dari kasus banjir awal tahun lalu, kami sadar kebersihan itu sangat penting,” kata Lurah Leneng Lalu Muhamad Isnaini yang ditemui terpisah.

Hanya saja, Kelurahan Leneng mampu menjaga kebersihan. Namun, desa/kelurahan lain yang justru tidak peduli. Sehingga sampah kebanyakan kiriman dari desa/kelurahan lain. “Kami berharap dinas terkait turun tangan,” tambahnya. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/