alexametrics
Jumat, 26 Februari 2021
Jumat, 26 Februari 2021

Jadwal MotoGP dan WSBK di Sirkuit Mandalika Dipastikan Tidak Berubah

PRAYA-Jadwal balap motor bergengsi di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah dipastikan tidak akan mengalami perubahan. Yakni, MotoGP dijadwalkan Oktober dan World Superbike (WSBK) dijadwalkan November. Namun kini semuanya tergantung perkembangan bencana non alam covid-19.

“Jika kondisinya masih mengkhawatirkan, maka bisa saja ditunda atau batal. Namun jika kondisinya sudah normal, maka dipastikan digelar,” tegas Gubernur NTB Zulkieflimansyah saat dijumpai di Pengadilan Negeri (PN) Praya, Senin (22/2).

Dia menekankan, hasil komunikasi terakhir dengan Presiden RI Joko Widodo, jadwal tersebut tidak akan berubah. Untuk memastikan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno diperintah untuk meninjau lokasi pembangunan sirkuit pertengahan Januari lalu.

Termasuk sarana dan prasarana pendukung sirkuit. Salah satunya, pusat lapak pedagang. “Kalau penyelenggara tetap Dorna. Cuma tantangan kita sekarang Covid-19,” tandas politisi PKS itu.

Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak berpartisipasi memutus rantai penularan Covid-19. Caranya dengan menerapan protokol kesehatan dan menyukseskan program vaksinasi. “Bila perlu kita minta prioritas vaksinasi itu untuk warga NTB,” harapnya.

Tujuannya agar para pebalap, penonton, dan wisatawan tidak khawatir dan takut datang ke NTB. “Kalau berbicara progres pembangunan sirkuit, saya melihat sudah on the track,” ujar orang nomor satu di Bumi Gora tersebut.

Saat ini, proses pembangunannya masih lapis pondasi atas. Setelah rampung, barulah masuk tahap akhir yaitu, pengaspalan sirkuit.

Kata dia, saat pengaspalan sirkuit tidak boleh terputus-putus, harus diselesaikan sekaligus. “Artinya, tidak seperti membangun jalan raya,” tandasnya lagi.

Sementara itu, Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro mengatakan, progres pembangunan sirkuit Mandalika saat ini sudah diangka 58 persen. Dari total panjang sirkuit mencapai 4,31 kilometer (km).

Sepanjang 1,8 km diantaranya sedang pengaspalan service road. Dalam beberapa bulan kedepan sudah rampung, atau ditargetkan Juli mendatang.

“Prosesnya membutuhkan kehati-hatian. Itu untuk memastikan lintasan aman. Motor pebalap terjaga, begitu pula penonton,” paparnya. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks