alexametrics
Rabu, 8 Desember 2021
Rabu, 8 Desember 2021

22 Santri Keracunan, Dikes Loteng Bawa Sampel Makanan ke BBPOM

PRAYA-Sebanyak 22 santri Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yayasan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Basiah, Dusun Rambitan, Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat Lombok Tengah keracunan. Sebelumnya mereka menyantap gorengan tempe dengan sambal saos yang dijual Inaq Sapoan di halaman MI.

“Dari 22 santri itu, beberapa di antaranya hari ini (Kamis) masih dirawat di Puskesmas Mangkung,” kata Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng H Hasyim pada Lombok Post, kemarin (21/10).

Selebihnya sudah dipulangkan ke rumah masing-masing. Dia menekankan, untuk mengetahui penyebab keracunan, dikes saat ini masih menunggu tenaga kesehatan Puskesmas Mangkung membawa sampel gorengan tempe dan sambal saos. Sampel itu akan dibawa ke Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Mataram.

“Kasus keracunan masal kali ini, merupakan kali kedua yang terjadi tahun ini,” ujar Hasyim.

Bisa dikatakan setiap tahun ada saja kasus keracunan masal yang terjadi di Loteng. Persoalannya sama yakni, hidangan yang disajikan tidak higienis. Untuk itu, pihaknya menyerukan agar siapa pun itu memperhatikan kondisi makanan yang disajikan. Apakah sehat atau tidak, apakah masih kedaluwarsa atau tidak. “Tolong ini diperhatikan dan dilaksanakan,” pesannya.

Sementara itu, Kapolres Loteng AKBP Hery Indra Cahyono melalui Kapolsek Praya Barat Heri Indrayanto mengatakan, gejala yang dirasakan para santri usai menyantap gorengan yakni mual-mual, muntah, dan pusing. Keluarga dan warga yang mengetahui cepat-cepat membawa mereka ke Puskesmas Mangkung. “Peristiwa itu terjadi, Rabu (20/10) sekitar pukul 10.00 Wita,” beber Heri.

Dikatakan, kepolisian langsung mengamankan barang bukti berupa tempe goreng, minyak goreng, tepung, sambal saos, dan muntahan korban. Sekaligus olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa saksi-saksi.

“Kondisi korban sampai saat ini sudah membaik. Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua,” pesan mantan Kabag Ops Polres Loteng tersebut. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks