alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

RSUD Praya Kini Sudah Bisa Tangani Pasien Penyakit Jantung

PRAYA-Bagi pasien penyakit jantung di Lombok Tengah kini tidak perlu jauh-jauh lagi berobat ke RSUP NTB atau rumah sakit lainnya di Kota Mataram. Karena, RSUD Praya sudah mampu menangani.

“Alat dan tenaga medis sudah ada, dan lengkap. Dulu, kalau ada pasien panyakit jantung, kami cepat-cepat merujuknya ke Mataram,” kata Kabid Pelayanan RSUD Praya dr Basirun MMRS, Jumat (24/6).

Kata Basirun, RSUD Praya sudah memiliki dokter spesialis jantung. Mulai Jumat (24/6) dokter spesialis jantung sudah membuka praktik atau mulai bekerja di RSUD Praya.

“Apa yang kita lakukan ini, bagian dari ikhtiar kita untuk terus meningkatkan pelayanan,” paparnya.

Terhadap kekurangan yang lain, pihaknya memastikan tetap dan terus beriktiar melengkapi. Baik dokter-dokter spesialis, obat-obatan, alat kesehatan hingga sarana dan prasarana pendukung.

Baca Juga :  Pungli Sertifikat Tanah Nelayan, Oknum Pejabat Loteng Diduga Terlibat

“Dalam dunia medis, serangan jantung itu kata lainnya yakni infrak miokard (MI),” terang Dokter Spesialis Jantung RSUD Praya dr Lalu Muhammad Satrial, terpisah.

Dijelaskan, MI terjadi akibat sumbatan total pembuluh darah koroner jantung yang mengakibatkan otot jantung mengalami kekurangan suplai darah atau oksigen. Kondisi seperti itu sangat mengancam jiwa.

“Detak jantung terhenti dan bisa mengakibatkan kematian secara mendadak,” ujarnya.

Sebagai langkah antisipasi, kata Satrial, biasanya dilakukan tindakan fibrinolisis atau pemberian obat sedini mungkin atau kurang lebih 12 jam sejak munculnya gejala. Jika tidak, maka berakibat fatal.

Untuk itu, pihaknya berpesan warga agar mencintai jantungnya masing-masing. Dengan cara, menjaga pola makan, pola istirahat dan berolahraga secukupnya.

Baca Juga :  Warga Keramat Jati Loteng Tuntut Perbaikan Jalan Menuju Desa Tumpak

“Jika terjadi serangan, dipersilakan cepat-cepat dibawa ke rumah sakit. Tidak boleh ditunda-tunda,” tegasnya. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/