alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

KEK Mandalika Jadi Salah Satu Rute L’etape Indonesia Tour de France

PRAYA-Ajang L’etape Indonesia Tour de France di Lombok Tengah mulai dimatangkan. Gumi Tatas Tuhu Trasna sendiri ditetapkan menjadi salah satu rute yang dilalui para pebalap sepeda di seluruh dunia.

“Dipusatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut pada 19-20 Februari mendatang atau bertepatan dengan Pesona Bau Nyale,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Loteng Lalu Muhammad Taufik Gunawardana pada Lombok Post, Selasa (25/1).

Dijelaskan, dari sekarang disbudpar dan beberapa dinas terkait mulai bergerak mempersiapkan diri. Untuk menyambut para pesepeda. Apalagi jumlah pesertanya mencapai 2.000 orang.

Pemkab juga telah menggelar beberapa kali pertemuan dan rapat dengan pihak-pihak terkait. “Sebagai pihak yang memfasilitasi pemerintah dengan panitia L’etape, saya optimis event ini berjalan sukses,” kata Ketua KONI Loteng M Samsul Qomar, terpisah.

Baca Juga :  Komisi X DPR RI Siap Dukung Pemkab Loteng Bangun Stadion Berstandar FIFA

Dia menekankan, event dunia tersebut harus berlangsung aman dan nyaman. Jangan sampai ada kesan-kesan yang tidak baik. Untuk itu, semua pihak harus ikut mendukung dan mensukseskannya. Tidak saja pemerintah, tapi warga pada umumnya. Dengan cara, menjaga kamtibmas.

“Prinsipnya, kita akan berjuang bersama agar sport tourism tetap digelar di daerah kita tercinta,” harap mantan Ketua Komisi II DPRD Loteng tersebut.

Dengan begitu, pariwisata daerah segera bangkit setelah, terpuruk akibat pandemi Covid-19. Sementara itu, Kapolres Loteng AKBP Hery Indra Cahyono memastikan siap mengamankan seluruh titik-titik rute yang dilalui peserta. Pihaknya melibatkan pasukan kodim, Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Loteng. “Yang menjadi atensi kami juga yakni, soal protokol kesehatan,” tandas Hery.

Baca Juga :  FIM dan Dorna Beri Waktu Tiga Minggu Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika

Dia menekankan, peserta, panitia hingga para penonton nantinya wajib mematuhi prokes. Sementara itu, Sekda Loteng Lalu Firman Wijaya mengatakan, pemkab memberikan perhatian khusus menyangkut event dunia tersebut. Sehingga Loteng siap menjadi tuan rumah yang baik dan benar.

Yang pasti, Loteng sudah sukses menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika. “Karena ada ruas-ruas jalan provinsi yang dilalui, kita segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi NTB,” ujar Firman. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/