alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

Jelang MotoGP, Pembangunan Jalan di Depan Sirkuit Mandalika Dikebut

PRAYA-Pembangunan jalan di depan Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah terus dikebut. Ada tiga segmen pembangunan yang dilaksanakan. Segmen pertama ditargetkan rampung akhir Februari mendatang atau sebelum perhelatan MotoGP Maret mendatang.

“Segmen pertama dengan empat jalur kendaraan. Panjangnya mencapai 1,85 kilometer (Km) dangan lebar 17 meter,” kata Sekda Loteng Lalu Firman Wijaya, Kamis (28/1).

Dijelaskan, pembangunan segmen pertama sudah termasuk median jalan dan drainase. Sedangkan segmen kedua dan segmen ketiga menyesuaikan dengan kalender kerja selama 270 hari.

Untuk segmen kedua panjangnya mencapai 1,65 Km dengan lebar 26 meter dengan empat jalur kendaraan. Kemudian segmen tiga sepanjang 2 km dengan lebar 16 meter. “Segmen tiga dengan dua jalur kendaraan,” tandas Firman.

Baca Juga :  Jelang Nataru di Loteng, Tim Gabungan Gencarkan Patroli

Sehingga total panjang infrastruktur jalan yang dimaksud mencapai 5,5 Km. Anggarannya dari Kementerian PUPR RI sebesar Rp 137 miliar. Bukan dari pemkab, apalagi Pemerintah Provinsi NTB.

Dikatakannya, pembangunan infrastruktur itu diambil dari bypass bundaran Songgong Desa Sukadana atau barat sirkuit Mandalika hingga bundaran Pasar Seni Desa Kuta atau timur sirkuit Mandalika.

Pantauan Lombok Post, para pekerja dan alat-alat berat terus berpacu dengan waktu. Mereka mulai mengerjaan lapis pondasi bawah.

“Bersamaan dengan itu, kita juga sedang mempersiapkan pembangunan infrastruktur jalan kabupaten,” papar Firman.

Dia menekankan, kalau sudah seperti itu, maka kondisi jalan di seluruh Gumi Tatas Tuhu Trasna dipastikan semakin mantap. Tidak ada lagi yang berlubang, berdebu, berbatu dan retak-retak. “Beberapa bulan ke depan sudah kita kerjakan,” tambah Kepala Dinas PUPR Loteng Lalu Rahardian, terpisah.

Baca Juga :  Cegah Korona, Pemkab Loteng Mulai Batasi Operasional Pasar Tradisional

Dikatakan, total panjangnya mencapai 90 km. Jalan-jalan yang sudah dihotmix. Namun kondisinya rusak sedang maupun rusak berat dipastikan akan diperbaiki juga. Harapannya, 100 persen jalan kabupaten dalam kondisi mantap. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/