alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Sirkuit Mandalika Dipastikan Tuntas Sebelum Homologasi

PRAYA-Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Lombok Tengah sebentar lagi rampung. Progres pembangunannya sudah di angka 78,6 persen. Tinggal 21,4 persen lagi sirkuit sepanjang 4,31 kilometer (km) dengan 17 tikungan tersebut rampung total.

“Progres itu terhitung per bulan ini,” kata Chief Strategic Communication Officer Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto pada Lombok Post, Minggu (27/6).

Dijelaskan, progres itu terdiri dari pengaspalan service road sepanjang 7,5 km dari total panjang 8,12 km. Jadi, tinggal sedikit lagi. Bersamaan dengan itu dikerjakan pula aspal lapis kedua atau AC-Base pada track.

“Pengerjaannya, tidak saja fokus pada pengaspalan. Tapi fasilitas pendukung lain,” papar Happy.

Sebut saja, penghamparan gravel bed, proses pabrikasi gantry star serta pondasinya. Kemudian, pemasangan concrete barrier, pemasangan pagar debris fence dan pitwall geobrugg, pengerjaan permanent spectator fence, pengerjaan landscaping atau menanam pohon dan rumput.

Kemudian, pengerjaan drainase permukaan kawasan sirkuit dan pondasi borepile untuk bangunan race control. Kata Happy, seluruh pengerjaan itu dipastikan tuntas sebelum homologasi Juli hingga Agustus mendatang.

“Jangan khawatir pembangunannya sesuai target. Yang terpenting mohon doa dan dukungan seluruh warga NTB,” serunya.

Sementara itu, Vice Presiden Corporate Secretary ITDC Miranti Nasti Rendranti mengatakan, perusahaannya juga saat ini tengah melatih 18 orang pemuda di enam desa lingkar KEK Mandalika. Untuk menguasai mekanik sepeda motor. Pendidikan dan pelatihan digelar selama delapan hari, dari 23-30 Juni mendatang.

“18 orang itu, merupakan hasil seleksi yang sudah kita tentukan. Itu dari yang daftar sebanyak 37 orang,” ujar Miranti.

Proses seleksi dilakukan secara ketat dan berlapis, dari tes administrasi, wawancara hingga tes kemampuan mekanik. Keenam desa lingkar KEK Mandalika yang dimaksud yakni, Desa Mertak, Desa Rambitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol.

Pelatihan terdiri teori dan praktik. Diantaranya pengetahuan dasar mesin, sistem bahan bakar, karbulator, sistem kelistrikan dan sistem perawatan. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks