Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Kodim 1620/Loteng Ajak Warga Jaga Kebersihan Objek Wisata

PRAYA-Sebanyak 150 personel TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), Polri, dan warga menggelar aksi bersih-bersih Pantai Selong Belanak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. Sampah sebagian dibakar dan diangkut ke truk sampah.

“Kalau objek wisata kita bersih, maka wisatawan pasti merasa nyaman,” kata Dandim 1620/Loteng Letkol Kav IF Andi Yusuf Kertanegara, Minggu (27/11).

Kebersihan juga, kata Andi, sebagai potret kesehatan warga. Untuk itu, pihaknya memastikan kegiatan semacam itu akan dilaksanakan secara rutin. Menyasar objek-objek wisata di seluruh wilayah di Gumi Tatas Tuhu Trasna. “Harapannya, sapta pesona pariwisata benar-benar terwujud,” ujarnya.

Kodim 1620 berharap, langkah yang sama dijalankan warga Loteng. Paling tidak digelar setiap minggu. Tidak saja objek wisata, tapi lingkungan masing-masing. “Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan dan menjaga alam,” serunya.

Baca Juga :  Sambut Wisatawan, Mandalika Siap Implementasikan New Normal

Dia mengajak warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Karena dampaknya, tidak saja menimbulkan berbagai macam penyakit, tapi juga banjir.

Kata dia, warga Desa Selong Belanak harus belajar dari beberapa desa di Loteng yang pernah diterjang banjir. Salah satu penyebabnya karena sampah.

“Kami juga melaksanakan kegiatan yang sama. Di Lingkungan Perumnas Tampar Ampar Kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya,” tambah Danramil 1620-01/Praya Kapten Inf Suliono, terpisah.

Di tempat itu, kata Suliono, sering muncul kasus demam berdarah. Itu akibat kondisi lingkungan yang kotor. Sampah dibuang sembarangan seperti di saluran drainase, lapangan hingga pinggir jalan. Kondisi cuaca seperti saat ini dikhawatirkan mempercepat perkembangbiakan nyamuk demam berdarah. “Bahkan, tidak tutup kemungkinan banjir,” tegasnya.

Baca Juga :  Meriahkan Pesona Bau Nyale 2022, Pemkab Loteng Akan Undang Artis Ibu Kota

Atas dasar itulah, pihaknya turun gunung dengan menggelar bersih-bersih dibarengi edukasi dan sosialisasi pada warga. “Ayo kita jalankan pola hidup bersih dan sehat, sehingga wilayah kita tetap indah dan rapi,” seru Suliono. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks