alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

KEK Mandalika Tak Akan Kekurangan Air Lagi, Pemerintah Bangun SPAM

PRAYA-Proyek pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM) tahap pertama di Bendungan Pengga, Desa Pelambik, Kecamatan Praya Barat Daya, Lombok Tengah ditargetkan rampung Oktober 2022. Kapasitas airnya sebanyak 50 liter per detik dari total 200 liter per detik.

“SPAM itu diperuntukkan untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika,” kata Plt Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Loteng Bambang Supratomo, Sabtu (28/5).

Sedangkan tahap kedua diperuntukkan bagi desa-desa penyangga KEK Mandalika. Yakni Desa Kuta, Desa Mertak, Desa Sengkol, Desa Rambitan dan Desa Sukadana, Desa Prabu, Desa Pengengat dan sekitarnya, di Kecamatan Pujut.

PDAM optimis, kebutuhan air bersih di KEK Mandalika dan desa-desa penyangga terpenuhi. Karena air baku di Bendungan Pengga melimpah. Mau musim hujan atau tidak tetap tersedia.

Baca Juga :  Tenaga Kerja Lokal Masih Minim Bekerja di KEK Mandalika, Ini Penyebabnya!

“Kita bersyukur, rencana pelaksanaan kegiatan pembangunan (RPKP) SPAM sudah ditandatangani,” ujar Bambang.

Proyek itu ditangani bersama Kementerian PUPR RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTB dengan PDAM Loteng. Disaksikan Dinas Lingkuhan Hidup (DLH) Loteng dan Dinas PUPR Loteng.

Penandatanganan diawali dengan pembahasan menyangkut kebutuhan air minum dan sektor sanitasi. “Semoga dengan adanya proyek SPAM itu, kami tidak lagi mengalami krisis air bersih,” kata Kepala Dusun (Kadus) Rangkap 1 Desa Kuta Lalu Jainun pada Lombok Post, yang ditemui secara terpisah.

Dijelaskan, Dusun Rangkap 1 menjadi salah satu dari sekian banyak daerah di Desa Kuta yang selalu mengalami kekeringan saat musim kemarau. Air-air sumur kering kerontang. Begitu pula, sumur bor. Sehingga satu-satunya solusi berharap bantuan air bersih dari pemkab.

Baca Juga :  Lombok Tengah Ubah Rumah Mutiara Jadi Tempat Karantina Pasien Korona

“Ternyata inilah nilai manfaat dari keberadaan KEK Mandalika. Khususnya lagi, sirkuit Mandalika. Terima kasih atas bantuannya,” ujar Jainun. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/