Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

DPMD Loteng Minta Kades Aktifkan Kembali Lembaga Krame Adat Desa

PRAYA-Para kepala desa (kades) dan lurah se-Lombok Tengah diminta mengaktifkan kembali lembaga krame adat desa. Sebagai wahana menyelesaikan setiap masalah warga yang ada di tingkat akar rumput. Sehingga tidak perlu dibawa ke ranah hukum.

“Tolong ini diperhatikan dan dilaksanakan. Demi kebaikan kita bersama,” seru Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Loteng Zaenal Mustakim saat sosialisasi penguatan krame adat desa, Selasa (29/11).

Dia melihat, ada beberapa masalah sepele yang justru harus berurusan dengan hukum. Padahal, itu bisa diselesaikan dengan cara musyawarah mufakat lewat lembaga krame adat desa yang sudah dibentuk. Selain itu bisa juga lewat bale mediasi.

Sayangnya, ada beberapa desa/kelurahan yang lembaga krame adatnya mati suri. “Mari kita jalankan tiga pilar kehidupan di tengah masyarakat,” tambah Wakil Ketua Krame Adat Loteng Lalu Purnama Agung, di tempat yang sama.

Baca Juga :  Hentikan Pembangun RTG, BPBD Cabut Surat Pernyataan untuk Kades

Yakni adat game atau hubungan manusia dengan Sang Maha Pencipta. Caranya, menjalankan ibadah sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya. Kemudian, adat luwir game atau aturan dan atau nilai-nilai yang ada di tengah masyarakat. Warga harus patuh dengan aturan seperti awik-awik desa.Terakhir, kata Agung, adat tapsile atau duduk bersama, berdiri bersama dan berjalan bersama. Artinya, setiap masalah bisa diselesaikan dengan cara duduk bersama, atau musyawarah.

“Kecuali, masalah yang ada terlalu berat untuk diselesaikan. Sehingga mau tidak mau harus diserahkan ke aparat hokum,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Loteng HL Pathul Bahri mengatakan, pemkab telah menjalin kerja sama dengan Pengadilan Negeri (PN) Praya. Bentuknya, setiap masalah yang diselesaikan di tingkat lembaga krame adat, maka akan diperkuat lewat keputusan pengadilan. Kalau sudah seperti itu, maka persoalan hukum selesai. “Ini yang saya harapkan dijalankan dan diaktifkan,” tandas Pathul. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks