Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Jelang Kejurprov Motocross, Jembatan Menuju Sirkuit Lantan Segera Rampung

PRAYA-Jembatan penghubung menuju Sirkuit Lantan di Desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah dipastikan rampung sebelum kejuaraan motocross tingkat provinsi 17-18 Desember. Saat ini, para pekerja tengah berpacu dengan waktu menyelesaikan satu per satu bangunan yang ada.

“Jembatan yang kita bangun ini menelan biaya sebesar Rp 11 miliar,” kata Bupati Loteng HL Pathul Bahri di salah satu lesehan di Praya, Selasa (29/11).

Pembangunannya bersamaan dengan pembangunan insfrastruktur jalan kabupaten. Baik yang bersumber dari dana pinjaman PT SMI maupun dana alokasi khusus (DAK). “Kalau ditotalkan mencapai Rp 270 miliar. Bukan Rp 250 miliar,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Loteng tersebut.

Dikatakannya, jalur jembatan Desa Lantan itu sendiri menjadi satu dari empat jalur menuju sirkuit. Para penonton bisa juga melewati jalur Pancor Dau, Karang Sidemen atau jembatan Maiq Meres di Desa Aik Brik. “Saya memprediksikan jumlah penonton mencapai puluhan ribu orang,” tandas Pathul.

Baca Juga :  Sukseskan Kejuraan Motocross, Loteng Akan Gelar Jambore Wisata

Apalagi, kata Pathul, penonton tidak dikenai biaya tiket atau gratis. Kecuali biaya parkir kendaraan saja. Untuk itu, dipersilakan datang langsung ke sirkuit Lantan. Kebijakan itu sekaligus sebagai upaya pemberdayaan ekonomi warga setempat. Karena semakin banyak pengunjung, maka semakin banyak perputaran ekonomi yang ada.

Terutama para pedagang dadakan hingga para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). “Pembalap yang datang tidak saja dari kabupaten/kota di NTB. Tapi nasional dan internasional,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Gumi Tatas Tuhu Trasna tersebut menyempatkan waktu meninjau pembangunan jembatan yang dimaksud. Sekaligus meninjau perbaikan lintasan sirkuit Lantan. Dia mengaku kagum karena pembangunan yang ada sesuai progres.

Baca Juga :  Pembangunan Jembatan Lantan di Loteng Molor, Kontraktor Kena Denda

Dia memastikan seminggu sebelum kejuaraan motocross tingkat provinsi digelar, seluruh infrastruktur, sarana dan prasarana pendukung rampung total. “Kami merasa bersyukur desa kami akhirnya semakin dikenal luas,” kata Kepala Desa (kades) Lantan Erwandi, terpisah.

Cepat atau lambat, kata Erwandi, Desa Lantan menjadi satu-satunya desa di wilayah utara Loteng yang siap menasional dan mendunia. Atau paling tidak sejajar dengan Desa Kuta, Kecamatan Pujut dengan sirkuit Mandalika dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalikanya. (dss/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks