alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

Naik Tingkat Jadi Tipe A, DPK Lotim Tambah Program Kerja

SELONG-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Lotim terus berupaya meningkatkan pelayanannya pada masyarakat. Hal itu dilakukan dengan menambah program kerja. “Penambahan ini kami lakukan karena kenaikan tipe dari B ke A,” kata Kepala DPK Lotim H Marwan pada Lombok Post, Selasa (12/1).

Kenaikan tipe tersebut membuatnya menambah bidang dari tiga menjadi empat. Tiga di perpustakaan, satu bidang di kearsipan. Selain akan meningkatkan jangkauan program perpustakaan keliling (puskeling), pihaknya juga akan menambah pojok baca di tempat-tempat umum.

Kata Marwan, sampai saat ini layanan puskeling belum bisa dilakukan karena proses belajar mengajar di sekolah belum aktif. Namun saat sudah aktif nanti, pihaknya juga sudah menyiapkan pelayanan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

Adapun program tambahan lainnya adalah membuat pojok baca di beberapa tempat umum. Seperti tempat rekreasi, taman kota, puskesmas, dan lainnya. Sebelumnya, DPK sudah meresmikan pojok baca di RSUD dr Raden Soedjono Selong. Harapannya para pengunjung maupun penunggu pasien bisa membaca. “Alhamdulillah, kami pantau, pengunjungnya cukup banyak,” tuturnya.

Marwan menambahkan, dalam pojok baca, bukan hanya buku yang ditawarkan. Melainkan juga permainan yang bernilai edukasi bagi anak-anak. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi kecanduan game online.

Sementara untuk program peminjaman buku, pemustaka DPK Lotim saat ini mulai meningkat. Terutama para pelajar. Baik secara manual dan online. Selain peminjaman buku secara langsung, pihaknya juga melayani peminjaman online. Pemustaka bisa memesan buku melalui whatsapp dan diantarkan oleh petugas ke rumah pemustaka. “Tapi cakupannya masih seputar kecamatan Selong. Insyaallah kita akan tambah petugas pengantarnya. Sehingga jangkauan bisa lebih luas,” jelasnya. (cr-sup/r1)

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks