alexametrics
Selasa, 24 Mei 2022
Selasa, 24 Mei 2022

Vaksinasi Anak di Lotim Dimulai, Pemkab Baru Terima 105 Ribu Dosis Vaksin

SELONG-Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun mulai dilakukan di Kabupaten Lombok Timur, Senin (17/1). Pencanangan vaksinasi dilakukan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur di SDN 3 Selong.

“Bersamaan dengan di Kecamatan Selong ini, kegiatan vaksinasi untuk anak juga dilakukan secara serentak di 21 kecamatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Lotim H Pathurrahman pada Lombok Post.

Dijelaskan, dari 150.250 dosis yang ditargetkan pemerintah pusat, dosis vaksin yang didapatkan sebanyak 105 ribu dosis. Kata Pathurrahman, jumlah tersebut ditargetkan habis dalam tiga sampai empat hari mendatang. Dengan koordinasi yang sudah dibangun bersama Dinas Dikbud Lotim bersama Forkopimcam di masing-masing kecamatan, target tersebut diyakini akan segera dapat dicapai.

Baca Juga :  Pusuk Sembalun Longsor Lagi, Pengendara Diimbau Waspada saat Hujan Lebat

Pathurrahman juga menerangkan tentang pentingnya vaksinasi anak. Karena anak merupakan salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19.

Ia berharap, orang tua anak memahami hal tersebut dengan baik. Sehingga program yang telah menjadi kebijakan pemerintah dapat berjalan dengan baik.

Terkait teknis vaksinasi anak yang difokuskan di SD/MI, Kepala Dinas Dikbud Lotim Achmad Dewanto Hadi mengatakan, jadwal vaksinasi di masing-masing sekolah sudah ditentukan dalam tiga hari ke depan. Jadwal tersebut dibahas oleh Forkopimcam bersama UPTD Dinas Dikbut dan Puskesmas di masing-masing kecamatan. “Jadi sudah jelas, di sekolah mana vaksinasi dilakukan setiap harinya,” jelas dia.

Hadi menerangkan, sejauh ini pelaksanaan vaksinasi di sekolah berjalan lancar. Memang masih ada sebagian orang tua siswa yang masih tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin.

Baca Juga :  Omicron Terus Meluas Karantina Bakal Jadi 14 Hari

Namun karena program vaksinasi Covid-19 merupakan kebijakan nasional, maka pada dasarnya izin orang tua siswa bukan menjadi syarat dilakukan vaksin untuk anak. “Namun kita tetap melakukan pendekatan dan sosialisasi. Karena yang menentukan anak bisa divaksin atau tidak itu hasil screeningnya,” jelasnya.

Pencanangan vaksin untuk anak usia 6 sampai 11 tahun di SDN 3 Selong dihadiri Bupati Lotim HM Sukiman Azmy, Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono, dan Sekda Lotim HM Juaini Taofik. Mereka menyempatkan diri untuk mendampingi anak saat melakukan vaksinasi Covid-19. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/