alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Kepala DPK Lotim Dinilai Minim Inovasi dan Kreasi, Ini Pesan Wabup Rumaksi

SELONG-Wakil Bupati (Wabup) Lotim H Rumaksi menyayangkan minimnya program inovasi dan kreasi dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Lotim. Hal itu disampaikan saat memberi sambutan pada peringatan Hari Perpustakaan Nasional ke-42 yang digelar DPK Lotim, Rabu (18/5).

Kreasi dan inovasi yang dimaksud Rumaksi terkait pada masih kurangnya minat baca masyarakat Gumi Patuh Karya. Rumaksi mengemukakan, membaca adalah kebutuhan. Namun mengubah kebiasaan masyarakat agar gemar membaca tidaklah mudah.

“Mengubah perilaku manusia tidak segampang itu. Kecuali kalau mereka dididik dari kecil,” ujar Rumaksi.

Selain menyoroti cara mengubah perilaku warga, Rumaksi juga menyinggung soal kondisi gedung perpustakaan yang dinilai belum nyaman bagi pemustaka. Menurutnya, kenyamanan menjadi salah satu aspek penting yang mempengaruhi tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan.

Baca Juga :  Pastikan Anggaran 2021 Aman, Dewan Evaluasi APBD 2020

Di samping ruang yang nyaman, Rumaksi juga mengemukakan tentang pentingnya bahan bacaan atau koleksi buku yang dimiliki perpustakaan. “Jadi ini harus diperhatikan. Terutama buku-buku yang harganya sulit dijangkau seperti buku mata kuliah kedokteran,” tutur Rumaksi.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Muh Zaenuddin menerangkan, momentum peringatan hari buku nasional diharapkan meningkatkan minat membaca masyarakat. Ia menjelaskan, sejauh ini, DPK Lotim memiliki beberapa program dalam mewujudkan meningkatkanya minat baca masyarakat.

Beberapa di antaranya adalah perpustakaan keliling dan telah diterapkannya sistem pinjam buku online. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/