alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Penataan Kampung Budi Daya Lobster di Lotim Direncanakan Rampung Tahun Ini

SELONG-Penataan dan pembangunan fasilitas kampung budi daya lobster di Dusun Telong-elong, Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru direncanakan rampung tahun ini. Dengan anggaran Rp 13,8 miliar, wajah baru kampung budi daya lobster diharapkan sudah nampak tahun ini.

“Setidaknya ada bentuk khas yang bisa dilihat dari kampung lobster ini,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lotim M Zaenuddin pada Lombok Post.

Selain Rp 13,8 miliar, akan ada anggaran yang didapatkan dari pusat pada 2023 mendatang. Anggaran tersebut untuk kelanjutan penataan yang sekiranya belum rampung di tahun ini. Setidaknya, di tahun 2023 mendatang, kata Zaenuddin, wajah kampung lobster akan semakin nampak berbeda.

Baca Juga :  Tak Bawa Data saat Raker, DPRD Lotim Pertanyakan “Kesehatan” PD SF

Hal itu sangat penting bagi Lombok Timur. Karena kampung budi daya Lobster di Telong-elong merupakan yang terbesar di Indonesia. Hal ini didukung juga dengan pembangunan budidaya lobster di wilayah Ekas, Kecamatan Jerowaru. Anggaran yang disiapkan di sana sebesar Rp 750 miliar.

Zaenuddin mengemukakan, anggaran besar itu baru bisa cair setelah pihaknya memastikan kesiapan lahan pembangunan. Juga penataan. Menurutnya, semua persiapan tersebut tengah berlangsung dan diharapkan bisa tuntas juga tahun ini.

Kedati demikian, anggaran Rp 750 miliar yang akan digelontorkan pemerintah pusat ke Ekas Buana belum bisa dipastikan cair tahun ini. “Terlebih lagi kita harus mempersiapkan infrastruktur seperti pembebasan lahan dan lainnya. Baru setelah itu anggaran bisa dieksekusi,” jelasnya.

Baca Juga :  Kades Banjar Sari Diduga Salahgunakan Dana BLT dan RTLH

Sebelumnya, pada rapat koordinasi OPD, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy menyoroti mengenai penataan kawasan Ekas. Sukiman menyebutkan, penataan kawasan tersebut diharapkan dapat selesai tahun ini. Mengingat persiapan menuju pembangunan lobster estate yang dicanangkan pemerintah pusat di Ekas Buana. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/