alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Pekan Depan, Pelayanan Uji KIR di Dishub Lotim Kembali Dibuka

SELONG-Pelayanan uji kelayakan kendaraan bermotor atau KIR Dinas Perhubungan Lombok Timur yang ditutup sejak 15 Februari 2022 lalu akhirnya akan dibuka kembali.

“Saat ini saya bersama ibu kadis sedang mengurus perpanjangan akreditasi unit pengujian kendaraan bermotor (PKB) di Jakarta,” kata Kepala Bidang Pengembangan dan Teknologi Dinas Perhubungan Lotim Hadi Siswanto saat dihubungi Lombok Post, Selasa (21/6).

Pengajuan perpanjangan akreditasi unit PKB Dishub Lotim dilakukan setelah memastikan hasil kalibrasi alat uji dari balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XII Denpasar. Di mana, penyebab ditutupnya sementara pelayanan uji KIR di Dishub Lotim adalah terkendalanya proses perpanjangan akreditasi yang membutuhkan syarat hasil kalibrasi.

Baca Juga :  Kepala Disnakertrans Paling Diminati

“Sekarang alat-alat uji kita sudah lulus uji. Ada yang diperbaiki, ada juga yang dibeli baru,” tuturnya.

Diketahui masa akreditasi A unit PKB berlangsung selama lima tahun dan empat tahun untuk akreditasi B. Kata Siswanto, akreditasi dipastikan akan bisa keluar dalam minggu ini. Sehingga mulai pekan depan, pelayanan sudah bisa dimulai. “Insya Allah Senin depan kita sudah mulai melayani,” jelasnya.

Pelayanan uji PKB yang kurang lebih sudah tiga bulan ditutup menyebabkan Lotim kehilangan PAD dari retribusi uji PKB sekitar Rp 80 sampai 90 juta. Siswanto mengemukakan, hal itu tentu sangat disayangkan. Di mana pada 2021, pendapatan restribusi uji PKB yang diperoleh mencapai Rp 1 miliar lebih dari ditarget Rp 850 juta.

Baca Juga :  Latih Anak Berpuasa dengan Reward

Dijelaskan, kesadaran warga Lotim melakukan uji KIR cukup tinggi. Karena itu, ia sangat bersyukur dengan atensi pimpinan mengalokasikan anggaran perbaikan alat. Dishub juga berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan PKB. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/