alexametrics
Rabu, 4 Agustus 2021
Rabu, 4 Agustus 2021

Semangat Gotong Royong Berkurban di Masjid Jami’ Al Umary Kelayu

50 Ekor Sapi dan Dua Ekor Kambing Dibagi untuk 6.235 Warga

Sudah 21 tahun pelaksanaan pemotongan hewan kurban terpusat di Masjid Jami’ Al- Umary Kelayu. Tahun ini, 325 warga menyumbangkan sebagian hartanya untuk berkurban. Mereka terbagi menjadi 50 kelompok.

Tepat pukul 11.00 Wita, 25 ekor sapi selesai dipotong. Lokasi pemotongan dipusatkan di jalan raya depan Masjid Jami’ Al Umary Kelayu, Kecamatan Selong. Dari pengeras suara, terdengar dengan jelas suara petugas yang mengumumkan selesainya proses pemotongan tersebut.

Suara itu dibarengi dengan suara parang para petugas pemotong daging. “Jumlah keseluruhan panitia pemotongan hewan kurban 325 orang,” kata Ketua Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Jami’ Al Umary Kelayu H Mashun.

Di lokasi tersebut, tidak ada mustahik atau warga penerima kurban. Di sana hanya ada panitia dan warga yang berkurban. Kata Mashun, panitialah yang melakukan mengantarkannya ke setiap lingkungan. Setelah itu, warga akan mengambil di rumah kepala lingkungan masing-masing.

Jumlah hewan kurban di Kelayu memang tak pernah sedikit. Lebaran Idul Adha kali ini, ada 50 ekor sapi dan dua ekor kambing yang dikurbankan. Proses pemotongan dilakukan dalam dua hari. Masing-masing 25 ekor.

Sebenarnya, 50 ekor sapi ini bisa bertambah menjadi hampir 60 ekor sapi. Namun panitia menyetop karena alasan pelaksanaan pemotongan di tengah pandemi Covid-19. Namun mereka yang tak bisa berkurban hari ini, tetap bisa menyerahkan uang kurban ke panitia. “Nanti uangnya ditabung untuk kurban di tahun mendatang,” jelas Mashun.

Sebanyak 50 ekor sapi tahun ini terdiri dari 325 orang. Masing-masing orang mengeluarkan Rp 2,3 juta. Mereka tergabung menjadi 50 kelompok dengan perhitungan satu kelompok 7 orang. Daftar kelompok tersebut tertuang dalam buku tata cara berkurban yang dicetak panitia.

Sebenarnya, dari 325 orang, tidak semua yang saat akad penyerahan meniatkan uang yang diserahkan untuk berkurban. Tapi ada beberapa juga yang diniatkan untuk aqiqah. Di buku, di ujung nama mereka, terdapat kode. Huruf Q untuk kurban, dan huruf A untuk aqiqah.

Kata Mashun, 50 ekor sapi itu dibagikan kepada mustahik yang berada di Kelayu Utara dan Selatan. “Totalnya 6.235 mustahik,” jelasnya. (*/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks