alexametrics
Rabu, 8 Desember 2021
Rabu, 8 Desember 2021

Malaysia Masih Tutup Pintu, Ini Pesan Kadisnakertrans Lotim untuk CPMI!

SELONG-Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim menegaskan kepada para calon Pekerja Miran Indonesia (CPMI) Lotim mengenai akses ke negara tujuan bekerja. Salah satunya adalah negara tujuan paling banyak dikunjungi PMI Lotim, Malaysia.

“Sampai saat ini negara tujuan Malaysia belum membuka akses untuk CPMI,” kata Kepala Disnakertrans Lotim Supardi, Rabu (24/11).

Diketahui, sejak pandemi Covid-19, Negeri Jiran melakukan penutupan dan memulangkan PMI. Alasan belum dibukanya negara Malaysia oleh pemerintah setempat sampai saat ini  belum diketahui dengan pasti.

Namun untuk pemulangan sendiri, pihaknya telah mencatat sebanyak 8 ribu PMI dari Lotim yang telah dipulangkan Pemerintah Malaysia. Kata Supardi, sampai saat ini, pemulangan masih terus berlangsung.

“PMI NTB mencapai 19 ribu. Dan yang berasal dari Lotim 8 ribu. Itu yang habis kontraknya maupun yang nonprosedural atau ilegal,” jelas Supardi.

Dijelaskan, saat ini tercatat sebanyak 58 negara tujuan CPMI yang sudah membuka kembali aksesnya. Namun negara-negara tersebut merupakan negara yang jarang dikunjungi oleh PMI asal Lotim.

“Negara-negara ini membutuhkan pekerja migran yang memiliki kemampuan khusus. Salah satunya seperti Polandia,” tuturnya.

Ia berharap, dengan informasi tersebut, tidak ada lagi masyarakat CPMI Lotim yang mau diiming-imingi untuk pergi ke Malaysia. Jika ada yang menawarkan, sudah pasti itu merupakan penipuan. Kecuali jika jalur yang dipilih ilegal. (tih/r5)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks