alexametrics
Sabtu, 24 Oktober 2020
Sabtu, 24 Oktober 2020

Berbincang dengan Penjaga Kesehatan Para Perekap Suara di PPK Selong

Mendengar kabar banyak anggota KPPS, PPS, PPK yang sakit, pemerintah kecamatan segera bertindak. Tak tanggung-tanggung, dua puskesmas secara bergantian menjaga kesehatan para penghitung suara. Setiap pagi. Setiap hari.

Fatih Kudus Jaelani, Lombok Timur

================================

Iwan Mulyanto dan Sopian Hadi pagi-pagi sekali sudah berada di halaman kantor Kecamatan Selong. Kedua petugas kesehatan Puskesmas Selong itu membawa alat medis, obat-obatan, juga sebuah mobil ambulans.

Sabtu (27/4) itu, merupakan hari ke sepuluh bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Selong. Ketua PPK Selong Ahyanto, tak ingin menyia-nyiakan keberadaan tim kesehatan yang datang membantu. Ini hari terakhir baginya. Kesehatan harus diperiksa. Pleno rekapitulasi mesti segera diserahkan ke kabupaten.

“Tim kesehatan ini ada dua hari setelah penghitungan suara,” kata Ahyanto yang akrab disapa Yanto.

Di hadapan Yanto, Iwan, perawat puskesmas dengan teliti memperhatikan tensi darah ketua PPK. “Normal”, katanya. Lalu menggulung alat pengukur tekanan darah.

Tak lama kemudian, Tresno, anggota PPS Kelurahan Kembang Sari datang. Ia ingin diperiksa. Dari wajahnya yang memerah, dan suaranya yang berat, Tresno mengidap influenza. “Obat batuk pilek paling banyak kita bawa. Selain vitamin B kompleks, dan antibiotik,” terang Iwan setelah memberikan obat pilek dan vitamin ke Tresno.

Setiap hari, puluhan petugas yang bekerja melakukan perekapan di PPK Selong mendapat perawatan dari tim medis. Mulai dari PPK, PPS, sampai dengan saksi, dan pengawas. Bahkan juga para polisi yang berjaga di sana. Kata Iwan, pusing sedikit, langsung check-up.

Tak tanggung-tanggung, karena Kecamatan Selong memiliki dua puskesmas, Puskesmas Selong bergantian dengan tim medis dari Puskesmas Denggen. Yang diutus satu perawat, dan satu asisten. Bisa juga dua-duanya merupakan perawat. Jelasnya, mereka dibekali semua peralatan, obat-obatan, dan mobil ambulans. Lengkap dengan drivernya.

Kata Iwan, keluhan yang paling banyak ditemukan adalah diare. Diare disebabkan oleh faktor kondisi tubuh yang lemah. Ditambah dengan makanan yang tidak terjaga. Di sana, apa saja akan diminum dan dimakan. “Belum lagi karena begadang. Ini juga yang menyebabkan penyakit lainnya. Seperti flu, batuk, dan hipertensi bagi yang usianya di atas 30 tahun ke atas,” jelasnya.

Camat Selong Bq Farida Apriani menerangkan, sejak mengetahui kabar banyaknya petugas yang sakit, ia langsung menghubungi pihak puskesmas. Katanya, ini harus diatensi. Jangan tunggu hujan baru grasak grusuk cari payung. “Kita minta sediakan payungnya,” kata Farida.

Meski memiliki tim medis, Yanto menerangkan pekerjaan belum tentu bisa selesai dengan cepat. Secara mekanisme, PPK Selong yang memiliki 230 TPS diberikan waktu 10 hari untuk menyelesaikan rekapitulasi. “Sepertinya tidak bisa. Kita masih diberikan beberapa hari tambahan. Semoga bisa tercapai,” jelasnya. (*/r5)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Warga Antusias Hadiri Peresmian Rumah Besar Relawan HARUM Ampenan

Ratusan warga tumpah di jalan Saleh Sungkar, Dayen Peken Ampenan Kamis (22/10) sore kemarin. Warga hadir menyambut kedatangan pasangan H Mohan Roliskana – TGH Mujiburrahman (HARUM). Kedatangan pasangan ini untuk meresmikan Rumah Besar Relawan HARUM Ampenan.

Satgas Covid-19 : Masyarakat Harus Taat 3M Ketika Liburan

Kebijakan yang dibuat pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19 dinilai cukup baik. Tantangan selanjutnya adalah pengawasan terhadap implementasi di lapangan. Khususnya terkaitpenerapan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak.

Tiga Bank Syariah Digabung, Bersiap Jadi yang Terbesar di Nasional

”Mengawal dan membesarkan tidak hanya sampai legal merger, tapi juga memastikan hadirnya bank syariah nasional terbesar ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi orang banyak dan membawa nama Indonesia ke kancah global sebagai pusat ekonomi syariah dunia,” katanya.

Honda Genio Makin Fashionable

”Tampilan Honda Genio yang semakin atraktif mewakilkan ekspresi anak muda,” ujar Thomas. 

UN Diganti, Pemerintah Didorong Intensifkan Sosialisasi

”Supaya apa yang kurang dan kendala yang muncul, bisa segera dievaluasi,” ujar dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris dan Pasca Bahasa FKIP Unram ini.

Produksi Meningkat, Perajin Perak Terima Bantuan Hibah Mesin Giling

Ketua Tim  Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah (PPPUD) Adi Sayoga secara simbolis telah menyerahkan bantuan mesin giling perak kepada JEN' s

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

52 Ribu UMKM NTB Bakal Dapat Bantuan Presiden Rp 2,4 Juta

Pemprov NTB mengusulkan 52.661 UMKM sebagai penerima bantuan presiden (banpres) produktif. ”Data ini terus kita perbarui sampai minggu kedua bulan September,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM NTB H Wirajaya Kusuma, pada Lombok Post, kemarin (23/8).

Bantuan Presiden, Pedagang Kaki Lima Bakal Diberi Rp 2,4 Juta

Kucuran bantuan pemerintah dalam rangka stimulus ekonomi di tengah pandemi Covid-19 semakin beragam. Kemarin (19/8) sore di halaman tengah Istana Merdeka bersama sejumlah pedagang kecil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...
Enable Notifications    Ok No thanks