Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Utang Pemkab Lotim di PT SMI Ditargetkan Tuntas Awal 2025

SELONG-Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan dapat melunasi utangnya di PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar Rp 155 miliar pada awal 2025. Pada saat itu, masa jabatan Bupati Sukiman Azmy dan wakilnya H Rumaksi telah berakhir.

“Kita targetkan sampai awal tahun 2025 atau sampai dengan masa jabatan Plt Bupati selesai,” kata Kepala Badan Pengelolaan Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Lotim Hasni.

Memang dalam aturan awal, pelunasan utang daerah ditargetkan sampai dengan masa jabatan kepala daerah berakhir. Kata Hasni, namun karena proses pencairan dana di PT SMI sempat mengalami penundaan atau molor, maka pihaknya mengajukan perpanjangan waktu berutang.

Dijelaskan, masa pengembalian sebenarnya bisa diperpanjang. Bahkan bisa sampai delapan tahun. Namun ia berkomitmen untuk melunasi utang tersebut sebelum tiba masa jabatan bupati selanjutnya. “Itu mengapa kita lunasi sesuai dengan berakhirnya masa jabatan Plt Bupati agar kepala daerah yang baru tidak terbebani,” jelas Hasni.

Baca Juga :  Satlantas Polres Lotim Bagikan Helm, Masker, dan Vitamin C untuk Pengendara Disiplin

Dalam pengajuan anggaran pelunasan hutang APBD 2023 yang akan ditetapkan DPRD Lotim hari ini, Pemkab Lotim menganggarkan pembayaran pokok pinjaman sebesar Rp 70 miliar lebih. Sehingga ditargetkan pada awal 2025 utang tersebut sudah lunas beserta bunganya.

Selain melakukan peminjaman di PT SMI, Pemkab Lombok Timur juga meminjam di PT Bank NTB  Syariah sebesar Rp 165 miliar. Pinjaman tersebut dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur jalan dan irigasi senilai Rp 157 miliar, sektor pendidikan Rp 1,6 miliar, sektor perumahan dan permukiman Rp 400 juta, lingkungan hidup dan kebersihan Rp 200 juta, dan Sekretariat Daerah Rp 11 miliar.

Hasni menerangkan, untuk pengembalian di Bank NTB, target pelunasan adalah tahun 2023 mendatang. Namun melihat kondisi keuangan daerah saat ini, sepertinya akan ada penyesuaian. “Hal ini masih kita bahas,” jelasnya. (tih/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks