alexametrics
Selasa, 24 Mei 2022
Selasa, 24 Mei 2022

Anggaran Kurang, Pelatih dan Atlet NTB Kembali Turun ke Jalan

MATARAM-Meski sudah mendapat peringatan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan KONI NTB, sejumlah pelatih dan atlet kembali turun ke jalan, Minggu (31/1). Mereka meminta sumbangan kepada para pengguna jalan untuk mendukung kelancaran pelatda.

“Kami ingin menggugah hati masyarakat olahraga NTB. Agar paham, seperti inilah nasib pejuang olahraga di daerah ini,” kata Ketua Forum Pelatih NTB Agus Suharyan.

Aksi tersebut diikuti belasan pelatih dan atlet. Mereka berasal dari cabor kempo, biliar, karate, dan muaythai. Aksi penggalangan dana ini dilakukan di perempatan BI dan Jalan Udayana. “Rencananya dana yang terkumpul ini akan kita serahkan ke KONI NTB,” jelas pelatih kempo ini.

Baca Juga :  KONI NTB: Anggaran Terbatas, Pelatda PON Ditunda

Agus menegaskan, pihaknya menyayangkan anggaran untuk olahraga masih sangat minim. Padahal event PON Papua akan digelar Oktober nanti. Seharusnya saat ini pelatih dan atlet bisa fokus berlatih, bukan dibebani dengan persoalan anggaran.

Terkait mekanisme penyerahan anggaran yang sudah disepakati pengprov cabor bersama KONI NTB dan Dispora NTB, Agus mengatakan hasil rapat tersebut tidak memihak pada atlet. Sebelum diputuskan, kata dia, seharusnya pengprov cabor berkoordinasi terlebih dulu dengan pelatih. Karena yang bersentuhan langsung dengan atlet adalah pelatih.

’’Jika ka pengprov cabor setuju, mereka juga harus membuat pernyataan siap menanggulangi kebutuhan atlet dan pelatih terlebih dulu sebelum anggaran hibah dicairkan,’’ pinta dia.

Plt Kepala Dispora NTB Surya Bahari mengatakan, pada rapat yang digelar Dispora bersama KONI NTB dan pengprov cabor sudah disepakati pelatda dilanjutkan kembali dengan sistem desentralisasi. Sedangkan anggaran pelatda akan diberikan ke pengprov cabor melalui KONI secara proporsional. Sesuai dengan jumlah atlet dan pelatihnya.

Baca Juga :  Cabor Dukung Jabatan Ketua KONI NTB Diperpanjang Hingga PON Papua Usai

Bantuan anggaran bagi pengprov cabor tersebut mencakup honor pelatih, honor asisten pelatih, uang saku atlet, dan bantuan konsumsi. Ini sudah disepakati. Pengprov cabor juga sudah menandatangani berita acara. (puj/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/