alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Jangan Berhenti Cetak Atlet Berprestasi

MATARAM-Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram membedah persoalan olahraga di Cafe Della Sirra, Sabtu (30/3). Diskusi itu dihadiri para pengurus cabang olahraga (cabor), atlet, pelatih, dan praktisi olahraga. Sementara, Ketua KONI NTB H Andy Hadianto dan Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi menjadi narasumber.

Kadispora Kota Mataram Mansyur mengatakan, banyak masukan positif dari peserta. Semua praktisi olahraga menyalurkan aspirasinya terkait pengembangan olahraga di Kota Mataram. ”Kita sudah catat beberapa masukan positif dan kita akan pertimbangkan kembali usulan itu,” kata Masyur kepada Lombok Post, Sabtu (30/3).

Diskusi itu tidak hanya membahas persoalan pembinaan olahraga prestasi. Melainkan  juga olahraga pendidikan dan rekreasi. Semua itu sudah diatur pada Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 Tentang  Sistem Keolahragaan Nasional. “Semua harus disinkronisasikan dengan berjenjang,” ujarnya.

Baca Juga :  Indonesia Akan Gelar Lomba MotoGP Esport

Olahraga rekreasi itu sebenarnya masuk dalam ranah sport tourism. Melalui pengembangan itu, dapat meningkatkan masyarakat yang sehat dan produktif. ”Nah, itu yang coba kita kembangkan ke depan,” ungkapnya.

Untuk menjalankan semua itu tidak bisa terlepas dari koordinasi lintas OPD pemerintah dan stakeholder lainnya. ”Mudahan saja, melalui diskusi itu kita bisa meningkatkan prestasi dan menjadikan masyarakat Kota Mataram lebih bugar dan sehat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, Kota Mataram sudah membuktikan diri menjadi juara umum di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2018. Artinya, pembinaan olahraga berprestasi di Kota Mataram cukup sukses. ”Saya yakin, ke depan dengan koordinasi yang kuat, Kota Mataram dapat mencetak atlet yang bisa mengharumkan NTB dan Indonesia di level internasional,” kata Andy.

Baca Juga :  Perjuangan Wakil NTB di Nasional PS Selera Lolos, Neo Angel Terhenti

Saat ini, di Kota Mataram ada dua atlet yang sudah menorehkan prestasi gemilang di level internasional. Yaitu, pembalap BMX I Gusti Bagus Saputra dan Karateka Fakih Karomi. ”Ke depan kita harus siapkan generasi atlet lagi,” pintanya.

Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi sudah mendengarkan beberapa masukan untuk pengembangan olahraga. Dia menyadari, pembangunan manusia dapat dimulai melalui olahraga. ”Masyarakat yang sehat dan bugar didapatkan dengan berolahraga. Artinya, semua itu perlu ditingkatkan dan dibudayakan,” kata Didi.

Terlebih lagi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dapat didorong melalui event olahraga. Misalnya saja sport tourism. ”Dari penyelenggaraan event itu saja sudah dapat meningkatkan perekonomian. Apalagi, skalanya yang lebih besar. Itu akan kita kaji ke depannya,” pungkasnya. (arl/r10)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/