alexametrics
Kamis, 18 Agustus 2022
Kamis, 18 Agustus 2022

Selain Basket Kini DBL Rambah Dunia Esport Kolaborasi Bersama Mabar.com

MATARAM-Penyelenggara liga basket pelajar terbesar di Indonesia DBL Indonesia merambah dunia esport. DBL bersama Mabar.com berkolaborasi mengembangkan ajang student-athlete esports khusus SMA dan sederajat.

Turnamen esports pelajar terbesar di Indonesia ini menyasar 19 Kota di 16 provinsi di Indonesia. Turnamen tersebut diberi nama DBL Play Mabar High School Tournament.

DBL Indonesia setiap tahun melibatkan puluhan ribu pelajar secara aktif sebagai peserta kompetisi basket, kompetisi dance hingga kompetisi jurnalis. Sementara itu, masih ada jutaan anak muda setiap tahunnya yang terlibat sebagai penonton, baik secara offline maupun online melalui aplikasi DBL Play. ”Mereka inilah yang ingin kami libatkan secara aktif, melalui wadah esports tingkat pelajar,” ujar Direktur DBL Indonesia Masany Audri, kemarin.

Masany menjelaskan, kolaborasi antara DBL Play dan Mabar.com ini menyajikan pilihan tambahan untuk siswa SMA agar bisa terlibat pada liga bergengsi Honda DBL 2022-2023 yang mulai bergulir pertengahan Agustus ini. ”Ajang ini memberi kesempatan agar semakin banyak anak bisa merasakan atmosfer kompetisi yang rapi dan kompetitif,” katanya.

Baca Juga :  Tiga Petembak NTB Dipanggil Pelatnas Persiapan Sea Games Vietnam

”DBL sebagai liga pelajar terbesar di Indonesia punya kedekatan dengan lebih satu juta anak muda setiap tahunnya dan kami akan terus menciptakan kompetitif scene berbasis teknologi untuk mereka,” jelasnya.

CEO dan Co-Founder Mabar.com Aziz Hasibuan mengatakan,  kerja sama ini dapat membantu semakin banyak pelajar terlibat aktif dalam competitive gaming. ”Lewat kerja sama dengan DBL Indonesia, kita berharap semakin banyak pelajar yang bisa beralih dari sekadar bermain game ke competitive gaming dan menjadikannya olahraga,” katanya.

Aziz meyakini, esports adalah solusi atas berbagai kekhawatiran orang tua dan guru terkait resiko gaming. Dengan pendekatan olahraga, esports justru bisa menjadi sarana pengembangan soft skills pelajar. Sehingga berbagai dampak negatif yang dikhawatirkan sejumlah pihak justru bisa terhindari.

Baca Juga :  Pantang Kendor, Vamos Mataram Tetap Maksimal di Dua Laga Terakhir

Dalam kerja sama ini, DBL Indonesia dan Mabar.com menyasar 19 kota dan 16 provinsi. Penyelenggaraan delapan provinsi akan menggunakan format perpaduan online dan offline. Delapan provinsi lain menggunakan full online. Di setiap provinsi, penyelenggara mencari juara-juara untuk kemudian menjadi wakil provinsinya ke turnamen tingkat nasional.

”Dalam satu musim, turnamen ini akan diadakan selama dua kali. Semester pertama diadakan di 2022 hingga Desember nanti. Semester kedua digelar 2023 tepatnya di Januari hingga Juni,” pungkasnya.

Pendaftaran untuk semester pertama sudah dimulai secara bertahap di masing-masing provinsi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi www.mabar.com dan download aplikasi DBL Play. (glh/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/