alexametrics
Rabu, 21 April 2021
Rabu, 21 April 2021

Dualisme PB ISSI, Pengurus di NTB Harap Tenang

MATARAM-Dualisme di tubuh PB ISSI tak bisa dihindarkan. Itu setelah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo terpilih menjadi ketua PB ISSI periode 2021-2025 dalam munaslub, Sabtu (3/4/2021).

Diketahui, 22 Pengprov ISSI sudah menggelar Munaslub PB ISSI, Oktober 2020 lalu. Saat itu, Tatang Sulaiman terpilih secara aklamasi sebagai ketua PB ISSI. Sampai saat ini KONI pusat belum mengeluarkan rekomendasi atas hasil munaslub tersebut.

Dalam konflik dualisme ini, Pengprov ISSI NTB berada di barisan Tatang Sulaiman. Menanggapi hasil munaslub yang digagas Raja Sapta Oktohari tersebut, Pengprov ISSI NTB menyatakan tetap berada dalam barisan Tatang Sulaiman. “Masalah ini sedang berproses di BAORI (Badan Arbitrase Olahraga Republik Indonesia),” kata Ketua Harian Pengprov ISSI NTB Hari Gunawan, Senin (5/4/2021).

Pengprov ISSI NTB menyampaikan secara terbuka kepada seluruh pengurus ISSI NTB, ISSI kab/kota, komunitas atau klub sepeda yang ada di seluruh wilayah NTB. Mereka diminta untuk tetap tenang menjalankan semua program. ’’Kami minta jangan mudah terpengaruh isu yang tidak bertanggung jawab dan tetap menjaga silaturahmi,’’ pinta dia.

Mengenai munaslub itu, dia enggan mengomentari terlalu jauh. Bagi Pengprov ISSI NTB, siapa pun yang terpilih dalam munaslub itu bukan hal prinsip. Hanya saja pihaknya tetap akan menunggu hasil BAORI. Karena persoalan dualisme di pusat sudah masuk di ranah hukum.

“Kita menunggu keputusan tetap (inkrah) BAORI. Siapa pun yang ditetapkan sebagai kepengurusan ISSI yang sah akan kita hormati,” tegasnya.

Hari menjelaskan, dalam proses di BAORI, masalah ini sudah memasuki persidangan. Sidang pertama sudah dilaksanakan dan sidang kedua akan dilakukan minggu ini. “Intinya menunggu hasil BAORI dan rekomendasi dari KONI pusat,” jelasnya.

Menurut Hari, Munaslub yang dilaksankan atas prakarsa 22 pengprov pada Oktober lalu sudah tepat. Karena dasarnya jelas, yakni Ketua PB ISSI Raja Oktohari Sapta sudah keluar secara aturan sejak terpilih sebagai Ketua KOI. Tetapi dia tidak mau mengundurkan diri sebagai Ketua PB ISSI. “Karena itulah kami melakukan Munaslub. Sekarang kami menunggu hasil akhir dari seluruh proses yang berjalan,” tandasnya.

Caretaker Pengprov ISSI NTB versi Listyo Sigit Prabowo, Hafidz Hasyim mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar musyawarah provinsi (Musprov) ISSI NTB. “Ini sedang kita godok,” katanya.

Hafidz menjelaskan, dalam Munaslub yang digelar akhir pekan lalu, perwakilan NTB hadir di sana. Namun hanya sebagai peninjau dan tidak memiliki hak suara karena belum memiliki kepengurusan yang definitif. (puj/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications   OK No thanks