alexametrics
Selasa, 24 Mei 2022
Selasa, 24 Mei 2022

108 Wartawan Ikuti Seleksi Tim Porwanas NTB di Lotim

SELONG-Seleksi atlet wartawan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022 kontingen NTB mulai digelar di Lombok Timur, Sabtu (14/5). Seleksi yang akan berlangsung dua hari, 14-15 Mei 2022 itu diikuti 108 wartawan dari 10 kabupaten/kota di NTB.

Sekretaris Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) NTB Purwandi menjelaskan, 108 wartawan yang mengikuti seleksi terbagi dalam 8 cabang olahraga yang akan diikuti atlet wartawan NTB. Terdiri dari 8 wartawan di cabor E-sport, 18 bulutangkis, 9 tenis lapangan, 36 futsal, 11 tenis meja, 14 billiard, 7 catur, dan 5 wartawan pada cabor atletik.

Penanggung jawab seleksi cabor bulutangkis sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggara Hasanah Efendi menjelaskan, seleksi untuk setiap cabor digelar di beberapa lokasi. Untuk cabor bulutangkis dan catur dilaksanakan di Bale Wartawan Lotim, tenis meja di PTMSI Lotim, dan tenis lapangan di lapangan tenis Polres Lotim. “Untuk atletik dan futsal di GOR Porda Selong,” tutur Efendi atau yang akrab disapa Hasfen.

Baca Juga :  Mantapkan Persiapan, PWI NTB Adakan Seleksi Atlet Porwanas
SELEKSI: Panitia seleksi atlet wartawan cabor bulutangkis tengah menjelaskan teknis seleksi pada seleksi atlet Porwanas 2022 di Bale Wartawan Lombok Timur, Sabtu (14/5). (Fatih/Lombok Post)

Ketua PWI NTB Nasrudin menjelaskan, selain menyiapkan tim yang akan mewakili kontingen NTB, tujuan seleksi atlet wartawan adalah terjalinnya silaturahmi antarwartawan. Nasrudin mengemukakan, silaturahmi dengan suasana penuh kekeluargaan dan persaudaraan, dapat membangun hubungan yang baik. “Tujuan utama kita ini silaturahim. Bukan tegang-tegangan,” katanya.

Secara teknis, seleksi tim Porwanas NTB tahun ini diselenggarakan dengan menetapkan penanggung jawab di masing-masing cabang olahraga. Hal itu dilakukan agar masing-masing penanggung jawab dapat menambah pengalaman dalam menangani cabang olahraga yang ditekuninya.

Seleksi atlet catur. (Fatih/Lombok Post)

Senada dengan Nasrudin, Ketua SIWO PWI NTB Jony Martadinata mengatakan, Porwanas yang dilakukan setiap empat tahun sekali, sejak 1983 di Kota Semarang tidak hanya dihajatkan untuk menggalang persatuan dan kesatuan antarwartawan, tapi juga untuk mendorong dan memberikan tauladan bagi semua pihak. “Bahwa seorang wartawan juga wajib menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas,” katanya.

Baca Juga :  KONI Mataram Siap Kembangkan Cabor Aerosport

Dijelaskan, dari hasil seleksi ini, diperkirakan jumlah kontingen Porwanas PWI NTB sekitar 150 orang, yang terdiri dari atlet, pelatih, dan ofisial.

Dijamu Bupati Lotim

Di hari pertama seleksi tim Porwanas NTB, Bupati Lotim HM Sukiman Azmy menjamu pengurus PWI NTB beserta jajaran beserta seluruh panitia dan peserta seleksi di pendoponya, Sabtu malam (14/5).

Dalam sambutannya, Sukiman menyampaikan ucapan selamat datang kepada wartawan NTB yang mengikuti gelaran seleksi di Lombok Timur. Bupati dua periode itu menuturkan, seleksi tidak hanya untuk memperlihatkan kebolehan atlet wartawan semata. Namun, lebih dari itu, seleksi dilakukan sebagai jalan untuk memperkuat kebersamaan.

“Imbas dari pengumuman hasil seleksi adalah ikhtiar dan optimal untuk mewakili Provinsi NTB di Porwanas 2022,” kata Sukiman.

Menutup sambutannya, Sukiman memberikan apresiasi atas terselenggaranya seleksi atlet wartawan di Lotim. “Selamat bagi rekan-rekan yang terpilih mewakili Provinsi NTB ,” ucapnya. (tih/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/