alexametrics
Sabtu, 23 Oktober 2021
Sabtu, 23 Oktober 2021

15 Emas Itu Hebat, NTB Lampaui Perolehan Medali PON Jabar 2016

JAYAPURA-PON Papua sedang memasuki hari-hari terakhir. Kemarin (14/10), atlet NTB kembali mempersembahkan medali emas dan perak. Emas datang dari Dian Ekayanti cabor Atletik nomor 3000 meter halang rintang putri.

Kemudian satu tambahan medali perak datang dari  I Dewe Ayu Ita Arianti dari  Tolak Peluru. Dengan raihan tersebut NTB  kini bertahan di peringkat 9 dengan koleksi 15 Emas, 11 Perak dan 12 perunggu. Torehan ini telah melampaui perolehan medali emas PON 2016 Jawa Barat yang waktu itu hanya 11 medali emas.

Sehari sebelumnya Dua medali emas datang dari cabor tinju dan satu medali emas dari cabor kempo.             Medali emas kempo dipersembahkan Rini Kurniati yang turun di nomor randori kelas 60 kilogram. Rini menang atas wakil Kalimantan Selatan, Desi Jakal Kuswinarni. Kemenangan Rini yang menjadi atlet terakhir kempo NTB yang bertanding ini juga menambah sumbangan medali dari cabor kempo bagi NTB.

Secara total kempo sudah mengumpulkan dua medali emas dan satu perunggu. Capaian ini meningkat dibandingkan PON Jabar 2016 sebanyak satu medali perunggu.

”Apa yang didapat ini melalui proses yang panjang. Hasil tidak membohongi proses,” kata Pelatih Kempo NTB Agus Suharyan.

Kemudian dua medali cabor tinju datang dari dua petinju yakni Endang dan Huswatun Hasanah. Keduanya meraih medali emas setelah mengalahkan lawannya di babak final. Bagi Endang, ini medali emas keduanya di multievent olahraga empat tahunan. Sebelumnya di PON Jabar 2016, Endang juga meraih medali emas. Sedangkan bagi Huswatun, capaian medali emas di PON Papua meningkat. Setelah di PON Jabar mendapatkan medali perak.

”Alhamdulillah anak-anak sudah tanding maksimal. Ini yang terbaik,” ujar Pelatih Tinju NTB Indah Dugi Cahyono.

Capaian cabor tinju di PON mengalami peningkatan. Di PON Papua, tinju mengumpulkan tujuh medali. Terdiri dari dua medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu. Namun perolehan medali cabor tinju belum memenuhi target. Karena tinju sebelumnya ditargetkan lima medali emas.

Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalillah yang menyaksikan langsung pertandingan final cabor tinju sangat bangga dengan capaian atlet. ”Penampilan atlet kita luar biasa. Mereka sudah menunjukkan performance terbaiknya. Ini bisa jadi tambahan semangat kita untuk meningkatkan prestasi olahraga ke depannya,” tuturnya. (puj/r6)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks