Rabu, 8 Februari 2023
Rabu, 8 Februari 2023

AFP NTB Championship Jadi Ajang Seleksi Pemain Porprov

MATARAM-Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) NTB akan mengadakan kompetisi futsal AFP NTB Championship. ”Rencananya Desember nanti kita mulai,” kata Sekretaris AFP NTB Agus Sukmayadi, kemarin.

Ada dua kategori yang dipertandingkan dalam kompetisi ini. Yakni kategori U-19 dan U-23. Untuk kategori U-19, pemain harus kelahiran 2005. Sedangkan batasan usia pemain U-23 adalah kelahiran 2001.

Selain batasan usia, AFP NTB juga menetapkan aturan tambahan. Seperti pemain hanya bisa bermain di satu tim dan satu kategori usia. Satu tim terdiri dari 14 orang. Ada aturan berbeda dari kompetisi sebelumnya yang dibuat, yakni pemain tidak boleh lintas kabupaten/kota dan wajib berdomisili di NTB.

Kompetisi ini sebagai ajang pencarian bakat untuk merancang kerangka tim Porprov masing masing kabupaten/kota. Dengan maksud agar pelatih di kabupaten/kota bisa mendeteksi dan mempersiapkan timnya dengan baik untuk turun di Porprov 2023 nanti. ”Kita ingin kabupaten/kota bisa mempersiapkan timnya untuk Porprov juga,” katanya.

Baca Juga :  Andy Wibowo Juara Ironman 70.3 Lombok

Agus mengatakan, kompetisi ini juga untuk mencari bibit-bibit atlet Pra-PON. Dengan harapan, kerangka tim NTB bisa dibentuk dengan komposisi pemain dari kompetisi tersebut sesuai dengan kebutuhan tim.

Diketahui, tim futsal NTB pada PON Papua lalu berhasil mencetak sejarah dengan meraih medali perunggu. Ini merupakan capaian yang bagus dan harus ditingkatkan pada PON Aceh-Sumatera Utara 2024. (puj/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks
/