Selasa, 31 Januari 2023
Selasa, 31 Januari 2023

Pengerjaan Sirkuit MXGP di Tohpati Mataram Tuntas Akhir Januari 2023

MATARAM-Kota Mataram bakal menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Motorcross (MXGP) tahun ini. Pasalnya, pembangunan sirkuit motorcross di Tohpati, Cakranegara Utara ditargetkan rampung akhir Januari ini.

“Sekarang progres pengerjaan sirkuit baru 30 persen,” kata Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) dr HL Herman Mahaputra, (16/1) lalu.

Dia sudah melapor ke wali kota Mataram terkait pembangunan sirkuit karena berada di Kota Mataram. Dengan keberadaan sirkuit dan event MXGP diharapkan  ada multiplier effect dari sisi ekonomi. Kemudian juga usaha-usaha lainnya.

“Kita berharap nanti daya ungkit-nya lebih besar,” kata dr Jack, sapaan karibnya.

Kini lanjut dia, pembangunan sirkuit dilahan seluas 6 hektare milik seorang pengusaha masih dalam proses. Event MXGP dua seri di NTB akan dilaksanakan di dua tempat. Seri pertama akan dilaksanakan di Samota. Seri kedua akan dilaksanakan di Kota Mataram. “Kalau di Kota Mataram bisa dilaksanakan di eks Bandara Selaparang atau di Sirkuit Tohpati yang dibangun sekarang,” ujar dia.

Baca Juga :  Rekor Baru Peparnas Papua, Menpora: Bukti Atlet Disabilitas Tak Kalah

Dijelaskan, sirkuit motorcross yang dibangun di Tohpati bisa dimanfaatkan untuk kejuaraan nasional dan Internasional. Dengan adanya sirkuit ini nanti ada Kejuaraan Nasional Motorcross. Sirkuit di Tohpati dibangun IMI NTB bekerja sama dengan PT Samota Endurance Gemilang (SEG). Sementara pendukung lainnya seperti jaringan listrik dan akses lainnya akan dibangun Pemkot Mataram. “Karena ini event dunia perlu ada penutup nantinya di sirkuit,” tutur dr Jack.

Dia ingin dengan adanya sirkuit motorcross ada event sebanyak-banyaknya. Untuk event MXGP rencananya akan dilaksanakan 2 Juli di Kota Mataram. Sementara pada 28 Juni dilaksanakan di Samota. Dia berharap sirkuit yang ada di Tohpati nantinya menjadi tempat para pebalap untuk menyegarkan diri. Karena di ibu kota NTB para pebalap tidak kesulitan akomodasi. Bahkan nantinya bisa dibuatkan paket wisata pada event dunia ini. ”Kalau dari sirkuit ke hotel dekat-dekat. Alat tranportasi juga banyak,” pungkasnya.

Baca Juga :  Tim Tapak Suci Ummat Juara Umum Pencak Silat Mataram Cup 2022

Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito mendukung pelaksanaan event MXGP di Kota Mataram. Apalagi sekarang ini sudah dibangun sirkuit motorcross di Tohpati. “Kita mendukung pelaksanaan MXGP di Kota Mataram,” pungkasnya. (jay/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks