alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Debutan PON Bertekad Sumbang Medali untuk NTB

MATARAM-Atlet atletik putri NTB Dian Ekayanti menjadi salah satu atlet yang akan turun di PON Papua 2021 nanti. Jelang PON, persiapan yang dilakukan semakin intens.

Terlebih Dian akan turun di nomor 800 meter, 1.500 meter, dan 3 ribu meter steeplechase. ”Sekarang latihannya lebih banyak ke peningkatan stamina dan halang rintang,” katanya, kemarin.

Dian menjelaskan, untuk nomor jarak jauh yang paling dibutuhkan adalah ketahanan atau stamina. Sedangkan di nomor halang rintang, latihan harus dijalani berbeda. Harus ditambah dengan rintangan yang akan dilewati. ”Ada teknik tambahan untuk nomor halang rintang. Ini juga harus dibiasakan dengan latihan,” jelas dia.

Untuk nomor 800 meter, Dian berhasil lolos dari limit PON saat mengikuti Jatim Open 2019. Saat itu dia membukukan catatan waktu 2 menit 16 detik. Sedangkan limit PON 2 menit 18 detik.

Baca Juga :  Nomor Embu Jadi Senjata Andalan Kempo NTB

Selain itu, di Jatim Open, Dian berhasil lolos untuk nomor 1.500 meter. Dian mencatat waktu 4 menit 42 detik. Lebih cepat dari limit PON yang dipatok 4 menit 45 detik.

Sedangkan untuk nomor 3.000 meter SC, Dian berhasil lolos limit saat mengikuti kejurnas 2019. Dirinya mencatatkan waktu 11 menit 27 detik. Lebih baik dari limit PON yang dipatok 12 menit 20 detik. ”Spesialisasi di 1.500 meter. Tapi ada dua nomor yang juga lolos,” sebut dia.

Meski baru merasakan atmosfer pertandingan di PON, Dian menargetkan bisa menyumbangkan medali bagi NTB di PON Papua nanti.

Dian terjun di dunia atletik sejak SMA. Saat itu dia turun di nomor jarak pendek. Karena tidak maksimal di nomor jarak pendek, Dian pindah ke jarak menengah dan jauh. ”Ini saran dari pelatih saat itu,” tandasnya. (puj/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/