alexametrics
Kamis, 6 Agustus 2020
Kamis, 6 Agustus 2020

HM Syafrudin Donasikan Sebagian Gaji Bantu Warga NTB Terdampak Korona

Kepedulian Anggota DPR RI Dapil NTB 1 HM Syafrudin Terkait Pandemi Covid-19

Perang melawan pandemi virus korona (covid-19) terus dilakukan. Semua pihak terlibat mencegah penyebarannya. Salah satunya anggota DPR RI Dapil NTB 1 HM Syafrudin.

———-

ADVOKASI warga menghadapi pandemi covid-19 terus dilakukan. Tidak hanya turun menyemprotkan disinfektan. Kini, Syafrudin juga mendonasikan separo gaji dan tunjangannya sebagai anggota DPR RI untuk masyarakat Pulau Sumbawa. Aksi kemanusiaan ini akan terus dilakukan hingga wabah ini selesai.

Menurutnya, aksi itu merupakan kewajibannya sebagai wakil rakyat. Apa yang diterima saat ini semua dari rakyat. “Saat rakyat kesulitan dan membutuhkan dukungan, sudah sepantasnya saya ikut membantu meringankan beban mereka,” kata Syafrudin, kemarin (2/4).

Dia merupakan politisi partai Amanat nasional (PAN). Sudah tiga periode ia menjabat wakil rakyat NTB di Senayan. Dua periode sebelumnya, mewakili dapil NTB (Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Pada Pemilu 2019, Provinsi NTB terbagi menjadi dua dapil: NTB 1 (Pulau Sumbawa) dan NTB 2 (Pulau Lombok).

Syafrudin dikenal sebagai wakil rakyat yang rajin turun menyambangi rakyat yang diwakilinya. Selama masa jabatannya, pria yang akrab disapa HMS ini konsisten mendatangi seluruh desa dan kelurahan di NTB.

Begitu pun ketika mewakili warga Pulau Sumbawa, agenda ini ia teruskan. Semua dilakukan nyaris tanpa formalitas. Kadang, aksi spontanitasnya mengejutkan warga yang ia datangi. Ia juga identik dengan penampilan sederhana, bersandal jepit dan bersarung saat membaur dengan warga.

Di tengah ancaman covid-19, HMS pun ikut ambil bagian. Untuk memerangi penyebaran covid-19 dan mengadvokasi warga, HMS kini akan mendonasikan separo penghasilannya sebagai anggota DPR RI.

Gaji dan tunjangan anggota DPR RI periode 2019-2024 diatur dalam Surat Edaran Setjen DPR RI No.KU.00/9414/DPR RI/XII/2010 tentang Gaji Pokok dan Tunjangan Anggota DPR RI. Sementara untuk ketetapan gaji diatur dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S-520/MK.02/2015 tentang kenaikan indeks sejumlah tunjangan bagi anggota DPR.

Berdasarkan aturan tersebut, anggota DPR RI menerima gaji, tunjangan, dan penerimaan lainnya sekitar Rp 60 juta per bulan. Ketika dikonfirmasi, HMS tak menampiknya. “Jangan dilihat nilainya. Selain sisi material, yang terpenting tindakan ini akan memberikan suntikan moral kepada warga yang saat ini sangat tertekan secara psikologis,” paparnya.

HMS menyadari, penyebaran wabah ini diikuti munculnya rasa takut, pesimisme, dan kepanikan warga. Ekonomi yang anjlok, diikuti dengan berbagai ketidakpastian, akan membuat rakyat berada dalam situasi psikologis yang tidak menyenangkan. “Saat inilah rakyat membutuhkan kebersamaan, terutama kehadiran pemimpin dan wakil rakyatnya di tengah-tengah mereka,” tandasnya.

Menghadapi situasi ini, HMS juga menyerukan warga untuk terus memelihara optimisme. Jangan takut, jangan panik, jangan kehilangan harapan. “Pemerintah dan semua pemangku kepentingan, mari kita berbuat maksimal untuk menghadapi perang ini. Sembari berdoa kepada Allah SWT, insya Allah masa sulit ini akan kita lewati,” katanya. (*/r1)

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

2021, Pemkot Mataram Usulkan 400 Formasi CPNS

Pemkot Mataram mengusulkan 400 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Jumlah tersebut hasil kalkulasi dari kebutuhan pegawai daerah ini pada tahun 2020 dan 2021.

VIDEO : Pilwali Mataram Dianul-Badrun Maju ke Tahap Verfak

Bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota H Dianul Hayezi-H Badrun Nadianto yang maju melalui jalur perseorangan melaju ke tahap verifikasi faktual (Verfak). “Dari hasil Vermin (verifikasi administrasi) syarat dukungan pasangan DR (Dianul-Badrun) sudah melebih target. Lanjut ke tahap verfak,” kata Ketua KPU Kota Mataram M Husni Abidin, Selasa (4/8).

Kisah Baitul Askhiya Sekarbela (1) : Semua Berawal dari 12 Dermawan

Apa yang dilakukan 97 dermawan ini patut diteladani. Kehadiran mereka yang tergabung dalam Yayasan Peduli Umat Baitul Askhiya telah meringankan beban ratusan orang.

Libur Korona Semakin Panjang, Anak-anak Lupa Pelajaran Sekolah

"Kita sudah lupa (pelajaran)," kata Rio, salah satu anak di Pagutan, Kota Mataram saat ditanya, apakah ia masih ingat materi pelajarannya di sekolah.

Lulus 2018, Pelantikan 262 CPNS Mataram Tertunda Karena Korona

Sebanyak 262 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lulus pada tahun 2018 lalu harus bersabar. Sebab, pelantikan mereka harus ditunda karena wabah Korona.

Di NTB, Keluarga Kini Boleh Ikut Pemulasaraan Jenazah Pasien Korona

Dirreskrimsus Polda NTB Kombes Pol I Gusti Putu Gede Ekawana Putra mendatangi RSUD Kota Mataram, Senin (3/8) lalu. Ia melihat bagaimana proses pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang dilakukan pihak rumah sakit.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Tertangkap di Bandara Lombok, Satpam Selundupkan Sabu dari Batam

Pria asal Batam berinisial AK, 47 tahun dibekuk tim khusus Ditresnarkoba Polda NTB, Minggu (2/8). Pria yang bekerja  sebagai satpam itu ditangkap setelah turun dari pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL).

NTB Waspada, Penularan Korona Terdeteksi di Usaha Rumahan

Penularan virus Korona di NTB kian tidak terkendali. Transmisi lokal kian merajalela. Hampir tidak ada ruang yang bebas dari penularan virus. Bahkan rumah pun mulai tidak aman. Terutama bagi mereka yang membuka usaha di rumah.

Tabrakan, Pengendara Terbakar di Sindu Cakranegara

Satlantas Polresta Mataram menelusuri penyebab kecelakaan sepeda motor yang terjadi di Jalan Gora, Sindu Cakranegara, Senin malam (3/8). Peristiwa itu menyebabkan pengendara, Gusti Gede Kumbang meninggal dunia dengan kondisi terbakar.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...
Enable Notifications.    Ok No thanks