alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Imigrasi Sumbawa Layani Pembuatan Paspor bagi Pasien di Rumah Sakit

SUMBAWA-Pasien RSUD yang akan dirujuk untuk mendapatkan perawatan ke luar negeri, tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi. Sebab, pihak Imigrasi Sumbawa kini memberikan pelayanan pembuatan paspor kepada pasien langsung di rumah sakit.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Sumbawa Andy Cahyono Bayuadi mengatakan, program ini bertujuan untuk mendekatkan diri ke masyarakat. Terutama kepada pasien yang ingin dirujuk berobat ke luar negeri.

“Para pasien langsung bisa dilayani di rumah sakit. Jadi tidak perlu lagi susah-susah untuk datang ke Kantor Imigrasi,” ujar Andy saat ditemui di RSUD Sumbawa, kemarin.

Dijelaskan, program ini sudah disosialisasikan kepada para pasien. Program tersebut, merupakan inovasi dari Imigrasi Sumbawa. Sebelumnya Dirjen Imigrasi berpesan agar pihak Imigrasi harus bisa berinovasi memberikan pelayanan. Arahan ini kemudian dilaksanakan dan mendapat sambutan positif dari pihak RSUD dan masyarakat.

Baca Juga :  Terseret Ombak, Warga Lunyuk Ditemukan Meninggal

Selain itu, pihaknya juga memberikan kemudahan bagi para pasien. Dimana proses penerbitan paspor bagi pasien yang hendak berobat ke luar negeri dipercepat. Paspor bagi pasien akan terbit dalam dua hari. Sementara normalnya, paspor baru bisa diterbitkan tiga hari setelah pembayaran.

“Ke depannya akan dibuatkan MoU dengan pihak rumah sakit. Apakah nanti sistemnya on call, atau seminggu dua kali, ataupun setiap hari. Nanti akan direvisi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Medis RSUD Sumbawa Hardiansyah mengatakan, pihaknya menyambut baik program ini. Sebab, dapat lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi sekarang di RSUD Sumbawa telah dibuka pelayanan meningitis bagi masyarakat yang akan melakukan ibadah umrah.

Baca Juga :  Bendung Brang Rures Jebol

Diungkapkan, sebelumnya bagi pasien yang hendak dirujuk ke luar negeri terkendala pengurusan paspor. Diharapkan dengan adanya pelayanan Imigrasi di rumah sakit, jika ada pasien yang akan dirujuk ke luar negeri, maka kelengkapan keimigrasian pasien bisa segera dilengkapi. Sehingga pasien bisa segera terlayani.

“Untuk ke depannya, pasti akan dilaksanakan MoU. Sebab hal itu juga berkaitan dengan SOP yang akan diterapkan. Baik itu dari pihak Imigrasi ataupun rumah sakit. Karena apapun jenis pelayanan tetap berdasarkan SOP yang baik,” pungkasnya. (run/r4)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/