Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Bupati KSB Tutup Festival Bulan Satangal

TALIWANG-Festival Bulan Satangal untuk memperingati hari lahir (Harlah) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ke-19 resmi ditutup. Selama sepekan, kegiatan itu digelar dengan melibatkan hampir 25.000 masyarakat dari berbagai kalangan.

Keterlibatan masyarakat ini mencakup sejumlah mata lomba dalam festival itu. Seperti pawai budaya, pameran pembangunan, lomba salawat hingga penampilan saat malam gelaran festival berlangsung. ”Festival ini merupakan bentuk nyata dalam memaknai peringatan harlah KSB ke 19 tahun,’’ jelas Bupati KSB HW Musyafirin saat penutupan, kemarin.

Dia mengapresiasi kinerja panitia yang sudah benar-benar merancang festival ini. Sehingga lebih meriah dibanding tahun sebelumnya. Tak hanya itu, bupati juga mengapresiasi, dari festival ini ada dampak ekonomi dirasakan langsung para pelaku UMKM. ”Kita harap ke depan kegiatan seperti ini bisa terus digelar,’’ tambahnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Australia Kunjungi Tambang Amman Mineral

Ketua Panitia Festival Bulan Satangal Khusnarti mengatakan, selama gelaran festival ini, ada sekitar 25.000 masyarakat yang terlibat langsung. Baik saat pawai budaya, gerak jalan, berbagai jenis lomba lain hingga pameran pembangunan. ”Ini adalah partisipasi terbesar yang pernah diraih selama moment perayaan harlah KSB,’’ kata perempuan yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) KSB.

Khusnarti juga memberikan apresiasi atas partisipasi yang diberikan semua pihak dalam kegiatan tersebut. ”Kita berikan apresiasi khusus untuk ini. Mudah-mudahan pada harlah mendatang kegiatannya akan lebih semarak,’’ tambahnya.

Pada malam penutupan festival juga pihak panitia juga mengumumkan masing-masing juara untuk tiap mata lomba. Termasuk lomba memasak pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemda KSB. Yang menarik, dalam kegiatan kegiatan tersebut, Wabup KSB Fud Syaifuddin bersama istri yang juga ketua GOW Neni Apriati dan Sekda KSB Amar Nurmansyah bersama istri yang juga ketua Dharma Wanita, Dewi Ayu Kurniasari juga ikut ambil bagian. Mereka bersama sejumlah pimpinan OPD mempertujukkan keahlian mereka dalam mengolah dan memasak makanan khas Sumbawa.

Baca Juga :  Jelang Ramadan, Tiga Unit PLN Kolaborasi Tingkatkan Keandalan Listrik

Saat penutupan kegiatan, Wabup KSB Fud Syaifuddin, Sekda Amar Nurmansyah, Kapolres KSB AKBP Heru Muslimin, Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja, Kajari KSB Suseno dan pimpinan OPD Pemda KSB juga ikut hadir. (far/r8/*) 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks