Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Pemda Sumbawa Diminta Sosialisasikan Aplikasi Penilaian PPPK

SUMBAWA-Teknis pelaksanaan seleksi jabatan fungsional guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mulai disusun. Itu setelah dilakukan rapat koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Kemendikbud RI di Graha Sahid Jaya, Jumat. ”Teknis pelaksanaan masih sudah kami siapkan. Kami siap 100 persen,” kata Kabid Pengadaan, Pemberhentian, Informasi Kepegawaian BKPSDM Sumbawa Serahlihuddin, Jumat (25/11).

Rakor yang dihadiri seluruh Kepala BKPSDM dan Kepala Dinas Pendidikan seluruh indonesia sudah menyelaraskan terkait dengan teknis perekrutan PPPK. Proses perekrutan harus sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 20 Tahun 2022 tentang PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah. ”Ada juga dasar perekrutannya diatur dalam PP (Peraturan Pemerintah) Nomor 49 tahun 2018,” jelasnya.

Dalam penekanan Rakor tersebut, proses perekrutan harus segera disosialisasikan. Sasaran sosialisasi dikhususkan ke pengawas, kepala sekolah, guru senior terkait aplikasi penilaian kesesuaian PPPK untuk jabatan fungsional guru tahun 2022. ”Nanti ada sinkronisasi dan harmonisasi data tim penilai kesesuain di tiap daerah,” ujarnya.

Penilaian kesesuaian itu akan dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia mulai 27-28 November. Ini sesuai dengan titik lokasi yang ditentukan masing-masing daerah. ”Untuk Kabupaten Sumbawa nanti akan menggunakan satu titik saja. Yakni, di SMKN 3 Sumbawa,” bebernya.

Namun, ada beberapa yang perlu dievaluasi. Mengingat wilayah Kabupaten Sumbawa cukup luas. ”Tidak semuanya tempat di wilayah Kabupaten Sumbawa memiliki akses wifi atau jaringan internet. Makanya, proses monitoring terhadap seluruh peserta itu ditempatkan pada satu titik,” ujarnya.

Baca Juga :  Bunuh Selingkuhan Istri, Adnan Dituntut Enam Tahun Bui

Terkait dengan masa sanggahan akan disiapkan jangka waktunya. Sanggahan itu dilakukan oleh calon PPPK yang tidak lolos administrasi. ”Masa sanggah akan kami rapatkan segera,” kata dia.(bia/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks