Sabtu, 4 Februari 2023
Sabtu, 4 Februari 2023

Ada yang Nilainya Sama, Penetapan Cakades Sapugara Bree KSB Ditunda

TALIWANG-Panitia menunda penetapan calon kepala desa (cakades) Sapugara Bree, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Keputusan itu diambil karena dua bakal calon memperoleh nilai sama.

’’Terhadap dua nama yang memiliki skor nilai sama diputuskan untuk dilakukan tes tambahan oleh PPKD (Panitia Pemilihan Kepala Desa) Kabupaten,’’ jelas Ketua PPKD KSB Tajuddin.

Dua orang yang mengantongi nilai sama ini berada pada urutan lima dari tujuh bakal calon. Keduanya juga memiliki nilai pada tiga indikator penilaian, yaitu pengalaman kerja di lembaga pemerintah, tingkat pendidikan, dan usia.

’’Kalau di perda yang mengatur tentang pilkades, ketika nilai akhir itu sama, maka akan dilihat tiga indikator. Tapi yang Sapugara ini tiga indikator penilaiannya juga sama. Sehingga tim kemudian memutuskan melakukan seleksi tambahan terhadap dua orang ini,’’ sebutnya.

Baca Juga :  Sebar Video Asusila Kekasih, Pria Asal Loteng Ditangkap Polres KSB

Tajuddin menegaskan, seleksi tambahan ini akan dilakukan dalam waktu dekat. ’’Ini akan segera kita gelar, supaya tahapan pilkades serentak sendiri tetap berjalan seperti yang sudah dijadwalkan,’’ paparnya.

Sementara untuk bakal calon di Pilkades Mantun, Kecamatan Maluk, PPKD KSB telah memutuskan lima orang. Lima orang yang berhak mengikuti pencalonan itu antara lain Siswanto, Irawansyah, Heri Wibowo, M. Nasir, Dewi Jayanti, Kalsum, dan Muh.

’’Dua lainnya tidak lolos dan nama yang lolos ini sudah langsung kita putuskan. Nanti akan segera kita serahkan ke PPKD tingkat desa,’’ tambahnya.

Asisten I Setda KSB Mulyadi mengatakan, hanya penetapan calon dari Desa Sapugara Bree yang ditunda. Karena dua bakal calon sama-sama memperoleh nilai sama. ’’Khusus Sapugara Bree ditunda. Keputusan finalnya, kedua calon itu harus mengikuti tes tambahan,’’ kata dia. (far/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications OK No thanks