alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Masa Jabatan 16 Kades di KSB Berakhir Desember

TALIWANG-Masa jabatan 16 kepala desa (Kades) se Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan berakhir Desember nanti. Belasan kades itu hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2016 lalu. ’’Karena akan segera berakhir, artinya harus ada pemilihan baru. Apalagi diaturannya, proses pemilihan ini harus sudah dilakukan enam bulan sebelum masa jabatan kades berakhir,’’ kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KSB Slamet Riadi, Rabu (30/3).

Dia mengaku, pemerintah berencana menggelar pilkades serentak untuk 16 desa ini. Dana yang dibutuhkan selama tahapan pilkades ditaksir Rp 2,5 miliar lebih. ’’Ini sedang kami upayakan. Telaahan staf sudah kita ajukan, agar bagaimana anggaran itu bisa disiapkan pemerintah,’’ jelas dia.

Sesuai aturan, proses pemilihan kades harus dimulai 6 bulan sebelum masa jabatan berakhir. Jika masa jabatan itu selesai di Desember, artinya Juli 2022 tahapan pilkades sudah harus dimulai.

Baca Juga :  KSB Tetapkan Status KLB Rabies

’’Tahapan itu dimulai dari pembentukan panitia pemilihan sampai pada saat pemilihan,’’ jelasnya.

Pemerintah berharap proses pemilihan ini bisa dilakukan secara serentak. Belajar dari pengalaman sebelumnya, proses pemilihan serentak jauh lebih efektif dibanding sendiri-sendiri. ’’Yang jelas kami saat ini sedang mengupayakan anggaran. Agar semua tahapan bisa dilakukan sesuai aturan yang sudah ditetapkan,’’ tambahnya. (far/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/