alexametrics
Sabtu, 20 Agustus 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022

Data Dukcapil KLU: DP4 Bertambah 2.464 Jiwa

PEMILIH PEMULA

TANJUNG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) KLU memperkirakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) bertambah signifikan. Hingga tahun ini, tercatat penambahan pemilih pemula 2.464 orang.

”Ini penambahan sejak pemilu terakhir 2020 lalu. Akan terus bertambah,” ujar Kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data Dinas Dukcapil KLU Arif Aryadi, kemarin (28/2).

Pemilih usia 17 tahun ke atas saat ini berjumlah 177.140 jiwa. ”Pusat yang kemudian memberikan data itu ke KPUD,” jelasnya terkait data yang sudah terkoneksi.

Setelah menerima data tersebut, KPUD juga memiliki tim yang akan melakukan kroscek. Yakni melihat apakah ada pemilih yang meninggal dunia, pindah, dan lainnya sehingga tidak bisa memilih.

Baca Juga :  BPJS Kesehatan Cover 199.334 Warga Miskin KLU

Ditegaskan, pihaknya terus melakukan percepatan perekaman siswa berusia 17 tahun. Diantaranya dengan mendatangi langsung SMA sederajat.

”Karena usia 17 tahun jika tidak merekam, maka nanti data mereka non aktif di pusat, secara otomatis di lembaga pengguna seperti KPUD juga tidak akan terlihat datanya,” jelasnya.

Terpisah, Ketua KPU KLU Juraidin mengatakan, pihaknya tengah menyasar pemilih pemula untuk persiapan Pemilu 2024 mendatang. Hal itu menjadi upaya meningkatkan angka partisipasi.

”Di Pilkada 2020 lalu tingkat partisipasi kita di angka 87 persen lebih, ada peningkatan dua digit dari Pilpres dan Pileg 2019. Ini capain yang cukup menggembirakan,” ujarnya.

Partisipasi pemilih pemula menjadi salah satu indikator penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Berkaca dari Pilkada lalu, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 170 ribu lebih, terdapat 2.000 lebih pemilih pemula.

Baca Juga :  Dongkrak Pendapatan, Lombok Utara Kaji Retribusi Pasar Hewan

”Potensi peningkatan jumlah partisipasi pemilih dirasa cukup signifikan,” katanya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/