alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Bupati KLU : Selama Ramadan Warung Makan Dilarang Buka Siang Hari

TANJUNG-Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu meminta pedagang makanan menutup warungnya, pada siang hari selama puasa.

”Warung-warung itu harus ditutup, nanti jelang berbuka puasa, baru jualan,”  kata bupati (31/3) .

Djohan mengingatkan pentingnya saling menghormati. Dikatakan, ada tiga agama besar di KLU. Yakni Islam, Buddha, dan Hindu. Permintaan Djohan tersebut merupakan bagian dari harapan agar ibadah puasa tersebut berjalan dengan baik.

”Saya ingin agar masyarakat beragama lain bisa menyesuaikan diri selama bulan puasa,” sambungnya.

Pemerintah KLU akan melakukan pengawasan intens terhadap seluruh warung selama puasa. Instansi terkait diarahkan rutin melakukan patroli menertibkan warung yang membandel.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, salat tak lagi dibatasi seperti tahun lalu. Umat muslim tidak perlu lagi menerapkan jarak satu meter selama beribadah di masjid.

Baca Juga :  Galian C Wajib Gunakan Badan Usaha

”Mudahan ini bisa sampai Hari Raya Idul Fitri nanti,” harapnya.

Selain itu, dirinya juga tengah mempersiapkan surat edaran jam kerja ASN KLU selama puasa. ”Jadi kita sesuaikan jam kerja mereka ini,” tandasnya.

Kabag Kesra Setda KLU Alwi Agusto siap menjalankan arahan bupati Lombok Utara tersebut. Meski dari segi sosial banyak yang membutuhkan makanan, namun perlu menerapkan sikap saling menghormati dan menghargai peribadatan satu sama lain.

”Memang harus menghormati orang yang berpuasa. Bagi yang berpuasa juga tidak perlu emosi melihat itu (makanan, Red), karena ibadah puasa adalah ibadah batin,” jelasnya.

Jika penjual masih ingin berjualan, fokusnya kepada yang non muslim, atau yang memang tak berpuasa karena alasan yang dibolehkan. Alwi menyarankan agar makanan disajikan tertutup. Sehingga masyarakat yang tengah berpuasa tidak terganggu. Terkait penertiban, pihaknya akan berkoordinasi dengan Satpol PP KLU nantinya.

Baca Juga :  Bupati KLU Segera Surati Presiden Terkait Mahalnya Bagasi Pesawat

”Jelang puasa ini memang perlu rasa toleransi yang tinggi, makanya kita harus saling jaga agar jangan sampai menggangu ibadah yang lain,” pungkasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/