alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Honor Tenaga Kontrak Dipotong Mulai Januari

TANJUNG-Honor tenaga kontrak di lingkup Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) sudah pasti dipotong mulai bulan Januari 2022 mendatang. Hal ini disebabkan kondisi keuangan daerah yang tidak kunjung membaik.

Pj Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi mengatakan, hal itu telah disepakati DPRD KLU pada APBD 2022 mendatang. Pengurangan honor tersebut sudah melalui proses panjang.

”Sudah final, bahkan DPRD pun mengalami pengurangan pada Pokirnya dari Rp 1,2 miliar menjadi Rp 800 juta saja,” ujarnya, (3/12).

Pengurangan ini juga merujuk pemberlakuan serupa di beberapa daerah. Misalnya di Kabupaten Bima dan Sumbawa, termasuk juga di Kota Mataram. Di Kota Mataram sendiri dikatakan, selisih hanya Rp 200 ribu saja dari KLU.

Baca Juga :  Korban Kebakaran di Sigar Penjalin Butuh Perbaikan Rumah

Tak hanya itu, lemahnya keuangan daerah saat ini juga turut berdampak pada penerima Tunjangan Penerimaan Pejabat (TPP) ASN KLU. Meski begitu, kebijakan pengurangan honor ini ditegaskan Anding tidak berlaku selamanya. Ketika kondisi keuangan pulih, maka honor akan disesuaikan kembali.

”Kita tahu ini sangat tidak mengenakkan untuk semua pihak,” jelas Asisten III Setda KLU itu.

Ia menambahkan, kondisi ini memang terkesan tidak berbanding lurus dengan keberadaan visi misi kepala daerah.  Namun hal ini mau tidak mau harus dilakukan akibat kondisi keuangan yang tidak memungkinkan.

”Kalau sudah normal kita kembalikan, bahkan pemerintah akan menambah besaran honor tenaga kontrak,” janjinya.

”Kita tetap optimis kondisi akan kembali normal,” imbuhnya.

Baca Juga :  Budi Daya Udang Kolam Bundar Wajib Punya NIB

Anding mengatakan sejauh ini belum ada tambahan tenaga kontrak baru. Kalaupun ada, maka harus melalui Setda dan diketahui dirinya. Pada akhir tahun ini, pihaknya juga tetap akan melakukan evaluasi tenaga kontrak di tiap OPD terkait.

”Belum ada penambahan tenaga kontrak sejauh ini,” tandasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/