alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Sembilan Speedboat di Pelabuhan Bangsal Tak Penuhi Syarat Keselamatan

TANJUNG-Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Pemenang menemukan sembilan speedboat yang tidak memenuhi syarat operasional di Pelabuhan Bangsal. Salah satunya terkait ketiadaan kelengkapan alat keselamatan penumpang.

Kepala UPP Kelas II Pemenang Heru Supriyadi menuturkan, di Pelabuhan Bangsal tidak hanya terdapat boat publik. Namun juga terdapat speedboat yang mengangkut penumpang lokal maupun carteran.

”Di situ memang masih kurang pengawasan kami,” akunya, Jum’at (7/1).

Saat ini pihaknya memperketat protokol hingga ketersediaan alat keselamatan penumpang. Hal ini diberlakukan di seluruh boat tanpa terkecuali.

”Harus ada life jacket dan pelampung,” sambungnya.

Dirinya sudah beberapa kali turun melakukan pemeriksaan kondisi. Ada beberapa boat yang mengalami sedikit kerusakan dan tidak memenuhi syarat.

Baca Juga :  Dewan KLU Tetapkan Tiga Perda

”Saya berpesan agar beroperasi tetap mengutamakan alat keselamatan yang bagus, serta memperketat prokes kesehatan,” katanya.

”Jika ada boat tidak memenuhi ketentuan keselamatan pelayaran, tidak akan kami berikan surat persetujuan olah gerak kapal,” tegas Heru.

Pengelola boat ini harus memiliki surat tersebut agar bisa beraktivitas di pelabuhan. Terkait penumpang, akhir 2021 lalu tidak ada peningkatan signifikan. ”Akhir pekan sama tahun baru itu sama saja,” bebernya.

Pada awal tahun ini dirinya berharap akan ada peningkatan penumpang, terutama yang berasal dari Bali. Sedangkan untuk pengawasan, pihaknya tetap memonitoring dan menerapkan protokol kesehatan. Sabtu dan Minggu, pihaknya selalu melakukan pembagian masker pada penumpang yang akan menyeberang.

Baca Juga :  Singgung SARA, Orang Ini Diusir dari KLU

”Kita di sini juga sudah pasang scan PeduliLindungi. Kita tetap pantau pengujung itu baik fisik maupun dokumennya,” pungkas Heru. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/