alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Urus Sampah, DLH KLU Tambah Lima Armada

TANJUNG-Persoalan sampah masih menjadi masalah krusial di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Penanganannya selama ini terkendala jumlah armada pengangkut sampah yang masih kurang. Tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KLU siap menambah lima unit armada pengangkut sampah.

”Pengadaan dump truck sedang proses tender,” ujar Kepala DLH KLU Rusdianto, Rabu (10/5).

Saat ini jumlah armada penanganan sampah di DLH 15 unit. Kendati akan menjadi 20, dikatakan masih belum cukup untuk seluruh KLU.

”Kami harapkan ada lebih banyak lagi. Apalagi kalau ada bantuan, karena kami membutuhkan itu,” sambungnya.

Sampah ditegaskan sebagai sesuatu yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat. Apalagi di kawasan pariwisata, seperti di Kecamatan Pemenang. Volume sampahnya lebih tinggi karena banyak hotel dan restoran.

Baca Juga :  Minim Anggaran, KLU Nihil Operasi Pasar Ramadan

”Apalagi di tiga gili,” katanya.

Pengadaan armada baru tersebut bertujuan meningkatkan pelayanan. Pihaknya bisa menjangkau masyarakat yang mulai banyak meminta layanan pengangkutan sampah.

Momen lebaran sepekan lalu, volume sampah meningkat. Baik itu sampah di rumah tangga maupun di destinasi wisata. Dirinya berharap penanganan sampah ini juga dibantu (Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di masing-masing desa.

”Personel kita tetap turun, tapi kami harapkan KSM juga ikut terlibat mengatasi itu,” jelasnya.

Sebelum sampah dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), dirinya berharap KSM melakukan pemilahan. Sampah yang bisa dimanfaatkan kembali harus dipisah sebelum diangkut.

”Yang sampai TPA itu harus yang benar-benar tidak bisa dikelola,” tegasnya.

Baca Juga :  Dinas PUPR KLU Akan Bangun 10 Ruas Jalan Kabupaten

Belasan armada yang ada saat ini menangani persoalan sampah dari ujung barat hingga timur KLU. Personel 90 orang yang telah dibagi penugasannya di TPA, Gili Tramena, dan lainnya.

”Soal sampah yang sembarangan dibuang, saya berharap kadus hingga kades tetap mengingatkan warga agar tidak buang sampah sembarangan,” tandasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/