alexametrics
Senin, 18 Januari 2021
Senin, 18 Januari 2021

KLU Raih Rp 22 Juta dari Denda Masker

TANJUNG– Penegakan perda terkait disiplin protokol kesehatan Covid-19 tetap berlanjut. Kesadaran warga KLU menerapkan protokol kesehatan diklaim masih tinggi seperti tahun lalu.

Hal ini dibeberkan Kepala Satpol PP Damkar KLU Wartawan. ”Bahkan sejak tanggal 3 Januari kita sudah mulai rutin razia. Ini setiap hari kita lakukan dan kita perketat,” ujar dia, pada Lombok Post, Selasa (12/1).

Beberapa warga yang terjaring razia, rata-rata berasal dari pelosok yang tengah berbelanja ke pasar. Sedangkan warga di perkotaan cenderung sangat jarang tidak bermasker.

”Karena setiap hari kita lakukan sosialisasi di tengah kota ini,” sambung dia.

Khusus Minggu, razia dipusatkan di Pusuk, salah pintu masuk KLU. Total, razia dilakukan di 28 titik di seluruh kecamatan KLU.

”Pokoknya tidak ada libur,” tegas dia.

Berdasarkan data Satpol PP Damkar KLU, warga terjaring razia masker 2020 lalu 1.445 orang. Dari jumlah tersebut, warga yang disanksi sosial 1.212 orang dan denda 233 orang.

”Uang denda yang dikumpulkan Rp 21.395.000,” beber pria bertubuh jangkung itu.

Tahun ini, data per 7 Januari menunjukkan, terjaring 72 orang. Sebanyak 67 orang terkena sanksi sosial dan lima didenda.

”Totalnya baru Rp 500 ribu,” tandas dia.

Terpisah, Polres Lotara juga melakukan razia masker di jalan raya Papak Gondang Kecamatan Gangga, kemarin. Razia tersebut juga melibatkan TNI, Dishublutkan, BPBD, Dinas Kesehatan, dan anggota Satpol PP KLU.

Kapolres Lotara AKBP Feri Jaya Satriansyah mengungkapkan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan kesadaran bagi masyarakat. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk memperhatikan keselamatan saat menggunakan kendaraan.

Dari operasi tersebut, pihaknya menjaring puluhan warga yang kedapatan tidak memakai masker. Rinciannya, 54 orang mendapatkan sanksi teguran, tujuh orang disanksi sosial, dan denda uang senilai Rp 200 ribu.

”Sanksi sosial yang diberikan yakni disuruh menyapu di jalan dan di sekitar Rumah Makan Aziba,” kata dia.

Lebih lanjut Feri menyampaikan pada seluruh masyarakat, untuk bahu-membahu dalam momen sulit ini.

”Semoga Covid-19 ini segera berakhir,” pungkas dia. (fer/r9)

Berita Terbaru

Enable Notifications   OK No thanks