alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Pembagian Butab RTG di KLU Rampung Dua Pekan

TANJUNG-BPBD Kabupaten Lombok Utara (KLU) tengah membagikan buku tabungan (butab) penerima bantuan Rumah Tahan Gempa (RTG). Satu pekan berjalan, pembagian butab sudah tersalurkan 50 persen dari target 12.447 penerima.

”Sudah setengahnya,” ujar Kepala BPBD KLU M Zaldy Rahardian, Kamis (13/1).

Pembagian butab di Kecamatan Tanjung tercatat 3.000 lebih. Di Kecamatan Pemenang, 890 butab dibagikan di Desa Pemenang Barat dan Pemenang Timur. Di Kecamatan Kayangan, tercatat 400 butab dibagikan di lima desa.

”Kecamatan Bayan dibagikan di tiga desa 804 penerima. Kecamatan Gangga sekitar seribuan penerima, tapi sedang proses pembagian,” ujarnya.

”Di Kecamatan Tanjung karena sudah selesai, kita tunggu pembagian tahap kedua,” imbuhnya.

Mantan kepala DLH KLU ini berterima kasih pada seluruh kepala desa yang menggenjot penerbitan SK Pokmas. Hal ini sangat membantu pihaknya dalam percepatan pembagian butab.

Baca Juga :  Program Subsidi Bunga Pinjaman Pemkab KLU Tak Sesuai Visi Misi?

”Kemungkinan minggu depan sudah ada proses pendebetan dan pengajuan pencairan,” katanya.

Ia menjelaskan, BPBD bersama pihak bank menargetkan pembagian 12.477 butab selama dua pekan. Maka itu, dia berharap pihak bank dapat memperluas titik pembagian di semua desa.

”Paling tidak ada pembagian setiap harinya,” harap dia.

Usai pembagian buku tabungan, dilanjutkan dengan pembentukan pokmas. Kemudian masuk pada proses pendebetan pihak bank. Setelah itu baru dilakukan pembangunan rumah warga masing-masing.

”Saya kira kalau pendebetan itu lebih mudah. Karena tidak harus mengumpulkan banyak masyarakat,” jelasnya.

”Kita berharap agar semua ini cepat berproses sehingga rumah warga bisa segera selesai,” imbuhnya.

Zaldy membeberkan, dana sisa RTG yang masuk dalam SK susulan tercatat 6.295 rumah, dengan total anggaran Rp 124 miliar. Sementara anggaran yang di blokir tercatat 6.321 unit dengan total anggaran Rp 117 miliar.

Baca Juga :  Polres Lombok Utara Edukasi Warga Tertib Berlalu Lintas

”Artinya, pemkab menerima total anggaran pemanfaatan RTG senilai Rp 241 miliar,” tandas mantan kepala Dinas PUPR KLU itu.

Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan menekankan, usai pembagian butab ini, segera dilakukan pembentukan pokmas. Jumlah 12.447 butab dibagikan dengan total anggaran Rp 241 miliar ini diharapkan bisa membangkitkan perekonomian masyarakat.

”Ini anggaran yang sangat besar, harus bisa berputar di dalam daerah,” katanya.

Soal tenggat waktu rehab rekon pascagempa, Danny optimis progres percepatan bisa dimaksimalkan. Mulai dari serapan dana dari bank penyalur ke pokmas, hingga proses pembangunan fisik RTG.

”Jika ada pertanyaan atau pun ada hal-hal yang belum jelas terkait RTG, silakan ke Posko Validasi atau BPBD KLU. Jangan cepat menerima kabar hoaks,” pungkasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/