alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

DP2KBPMD Tingkatkan Kapasitas UUKS

TANJUNG-Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) terus berupaya melakukan percepatan program wira usaha baru (WUB). Program ini sebagai bagian dalam percepatan recovery ekonomi pascagempa.

DP2KBPMD turut serta melakukan percepatan program WUB dengan menggelar sejumlah pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha. “Keberhasilan program WUB tergantung kapasitas SDM-nya,” ujar Kepala DP2KBPMD KLU H Kholidi Halil, kemarin (13/3)

Ia menuturkan, sasaran pelatihan adalah kelompok Unit Usaha Keluarga sejahtera (UUKS). Kelompok ini merupakan binaan di Kampung KB. Dalam peningkatan ekonomi masyarakat, kelompok ini menjalankan sejumlah usaha.

“Mulai dari usaha kuliner hingga hasil kerajinan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pemberian bantuan tidak boleh tumpang tindih. Untuk mengetahui UUKS juga masuk dalam binaan kelompok lain, pihaknya akan melakukan seleksi. Namun Kholidi menegaskan, untuk program bantuan WUB pihaknya tidak memberikan dalam bentuk barang. Bantuan lebih mengarah ke peningkatan kapasitas.

Baca Juga :  Mutasi KLU, Belasan Kadis Nonjob

“Itu memang menjadi sasaran kita,” katanya.

Kholidi mengatakan, bantuan peningkatan kapasitas tersebut terintegrasi dengan program KB. Kelompoknya sudah banyak terbentuk di masing-masing desa hingga kecamatan.

Pembinaan SDM tersebut dikatakan Kholidi bekerja sama juga dengan OPD lainnya. Sebab anggaran yang dimiliki dinasnya untuk program ini tidak terlalu besar. Hanya mencapai piluhan juta rupiah.

Anggaran yang tidak begitu besar ini membuat pihaknya tidak bisa memberikan bantuan barang pada kelompok. (fer/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/