alexametrics
Minggu, 20 Juni 2021
Minggu, 20 Juni 2021

Bangkitkan Pariwisata KLU, Tak Harus Gelar Event Besar, Kecil Juga Boleh

TANJUNG-Wakil Ketua II DPRD Lombok Utara Mariadi mengatakan dunia pariwisata tak boleh dibiarkan terus terpuruk. ”Pariwisata kita yang merupakan penyumbang PAD terbesar,” ujarnya mengingatkan, (13/4).

Kini pariwisata tidak bisa hanya bergantung pada wisatawan mancanegara (wisman). ”Meski kita sudah siapkan ide, tapi kalau tamu tidak datang kan repot juga,” sambung dia.

Karenanya dia menyarankan diadakan event-event kecil untuk menarik tamu domestik. Ia mencontohkan seperti yang dilakukan Pemda Belitung. Pemerintah setempat menggelar lomba mancing tingkat nasional. Ternyata animo terhadap event ini cukup bagus.

”Untuk itu harus ada event yang bisa dilakukan di daerah kita,” cetus dia.

Memulihkan pariwisata juga menjadi salah satu visi misi kepala daerah baru. Mendukung harapan itu, ia meminta OPD terkait bisa mengkonsepkan sesuatu kegiatan yang akan mengundang masyarakat.

Kegiatan tersebut nantinya harus tetap mengedepankan protokol kesehatan. ”Misalkan di gili apa kira kira yang bagus dan cocok di sana,” ujarnya.

Menurut Mariadi, ide kegiatan bisa datang dari siapa saja. Hal terpenting yakni penyiapan formulasi yang cocok dengan kondisi saat ini. ”Kita tidak tahu kapan Covid ini selesai, bisa saja sampai umur dunia ini,” tegas pria asal Bayan itu.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Utara Vidi Eka Kusuma menyambut baik masukan dari pimpinan dewan tersebut. Ia sependapat jika saat ini sangat tepat untuk membuat event untuk tamu lokal. Hanya saja pihaknya masih terkendala aturan Covid-19 yang melarang berkerumun.

”Anggaran kita juga masih terkendala,” aku dia.

Dalam benaknya, dia ingin mencoba menggelar sport tourism skala kecil. Namun ia masih meragukan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

”Makanya sekarang bagaimana kita merancang konsepnya dulu, supaya event tersebut bisa jalan sesuai standar Covid demi keselamatan bersama,” pungkas mantan kepala Disnaker PMPTSP Lombok Utara itu. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks