alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

KPU KLU Rekrut Pemilih Pemula untuk Petugas KPPS

TANJUNG-Persentase partisipasi pemilih pada pemilu 2019 dan 2020 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) cukup memuaskan. Pada Pileg dan Pilpres di 2019 mencapai 82 persen, sedangkan Pilkada 2020 87 persen.

Saat ini KPU KLU tengah mempersiapkan strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih di pemilu 2024 mendatang. Salah satunya dengan kembali menggaet partisipasi pemilih pemula.

”Kami menargetkan pemilih pemula menjadi petugas KPPS,” ujar Ketua KPU KLU Juraidin, Selasa (15/2).

Partisipasi pemilih pemula menjadi salah satu indikator penting meningkatkan partisipasi pemilih. Berkaca dari Pilkada 2020 lalu,  jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)  lebih dari 170 ribu. Terdapat 2.000 lebih pemilih pemula.

”Potensi peningkatan jumlah partisipasi pemilih cukup signifikan,” sambungnya.

Baca Juga :  Bawaslu KLU: Tiga Parpol Lalai Administrasi

Selain direkrut sebagai petugas KPPS, pihaknya juga telah menyiapkan pola lain via media sosial. Upaya ini dilakukan mengingat respons calon pemilih pemula menjadi petugas KPPS masih kurang.

”Kita mencoba mengelompokkan atau menandai akun calon pemilih pemula namun masih minim respons,” bebernya.

Pihaknya juga kini merancang intensitas sosialiasi jemput bola menyambangi sekolah- sekolah, maupun beberapa komunitas pemuda. Hal tersebut dirasa efektif untuk menyerukan keterlibatan pemilih pemula di pemilihan mendatang.

Juraidin memperkirakan jumlah pemilih pemula pada pemilihan serentak akan terjadi peningkatan signifikan. Sebab ketika pada hari pemungutan suara akan banyak yang genap berusia 17 tahun.

”Otomatis tingkat partisipasi secara umum juga akan mengalami peningkatan lagi,” pungkasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/