alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Pembangunan Puskesmas Gili Trawangan Lanjut 2023

TANJUNG-Setelah tertunda beberapa kali, pembangunan Puskesmas Gili Trawangan akan dilanjutkan kembali. Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara (KLU) akan menganggarkan kembali pada tahun ini. Namun pembangunannya akan dilakukan pada 2023 mendatang.

”Tahun ini kita anggarkan agar tahun depan bisa dilakukan rehab besar-besaran,” ujar Kepala Dinas Kesehatan KLU Abdul Kadir, Minggu (17/4).

Pembangunan Puskesmas Gili Trawangan kembali dilanjutkan untuk menunjang pariwisata Gili Tramena. Sebagai destinasi internasional, Gili Tramena dinilai perlu memiliki fasilitas kesehatan (faskes) yang representatif.

”Sebelumnya Puskesmas itu sudah dibangun, tapi masih ada sisanya yang belum. Sisanya ini yang kita lanjutkan lagi,” sambungnya.

Sisa pembangunan tersebut, kata Kadir sekitar 40 persen. Kebutuhan anggaran untuk melanjutkan pembangunannya diperkirakan mencapai Rp 3 miliar. Saat ini Dinas Kesehatan tengah mempersiapkan pengajuan kebutuhan anggaran tersebut.

Baca Juga :  DP2KBPMD KLU Rancang Pemilihan BPD

”Intinya tahun ini kita ajukan anggarannya, agar tahun depan bisa dibangun,” tekannya lagi.

Mantan sekretaris Dinas Kesehatan KLU ini mengatakan, tenaga kesehatan untuk Gili Tramena juga akan ditambah. Rencananya dinas akan menambah enam orang. Rinciannya, masing-masing pulau akan ditambahkan satu orang bidan dan perawat.

”Totalnya ada enam,” bebernya.

Karena Puskesmas yang belum rampung dibangun, pelayanan kesehatan saat ini masih dilakukan di Pustu. Dinas Kesehatan juga bekerja sama dengan klinik yang ada. Hal ini menjadi upaya untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan pada masyarakat di tiga pulau tersebut.

”Karena di Gili Tramena transportasinya agak susah. Hanya pakai sepeda, jadi rekan-rekan di klinik bisa back up,” imbuhnya.

Baca Juga :  Abrasi Makin Parah, Jalan di Gili Air Nyaris Putus

Ditengah pandemi saat ini, tak banyak klinik yang beroperasi di Gili Tramena. Klinik yang beroperasi ini kemudian dirangkul pemerintah daerah untuk membantu pelayanan kesehatan masyarakat setempat.

”Kami harap mereka bisa membantu kita,” tandasnya.

Ketua Komisi III DPRD KLU Artadi mengatakan sudah memanggil dinas perihal Puskesmas Gili Trawangan tersebut. Pihaknya meminta Pemerintah KLU mengatensi persoalan itu.

”Kita minta supaya pembangunan Puskesmas Gili Trawangan itu diprioritaskan,” ujarnya.

Semakin cepat pembangunan dilanjutkan, dinilainya akan memberi dampak yang baik. Ketika kondisi normal kembali dan tamu banyak berkunjung ke Gili Tramena, Puskesmas sudah siap dimanfaatkan.

”Dari delapan Puskesmas yang ada di KLU, Puskesmas Gili Trawangan yang belum memiliki bangunan yang layak,” sambungnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/