alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Ratusan Miliar untuk Penataan Tiga Gili

TANJUNG-Berstatus Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), menjadi keuntungan bagi Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air). Pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran hingga ratusan miliar untuk pengembangan dan penataannya.

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara (KLU) kini tengah menyusun persyaratan yang diminta untuk menjemput anggaran tersebut. Kepala Dinas Pariwisata KLU Ainal Yakin mengatakan, ada dua sumber anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berpotensi diakses.

Diantaranya dari Kemenparekraf RI untuk penataan kawasan destinasi wisata daerah. Kemudian anggaran Bappenas bekerjasama dengan UNESCO untuk penataan kawasan yang masuk area geopark. Gili Tramena masuk dalam kawasan Geopark Gunung Rinjani.

”Anggaran ini akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang, lokusnya khusus untuk penataan tiga gili,” ujarnya, Jumat (17/6).

Baca Juga :  Antisipasi Kebakaran Lahan, Polres Lombok Utara Bentuk Gahutlah

Dikatakannya, anggaran yang disiapkan pemerintah pusat untuk penataan kawasan wisata cukup fantastis. Dari Bappenas saja, disiapkan Rp 700 miliar untuk tiga daerah di NTB. Yakni Kota Mataram, Kabupaten Lombok Tengah, dan KLU.

”Untuk anggaran dari Bappenas ini nantinya fokus pada penataan abrasi, jalan lingkar dan pembuatan taman di gili,” bebernya.

Mengenai persyaratan, Ainal menegaskan tengah mempersiapkan proposal dan lainnya. Persyaratan tersebut akan diinput melalui aplikasi Krisna. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengakses DAK.

Mantan kabid Rehab Rekon BPBD KLU itu menegaskan, anggaran tersebut sudah diketok di pusat. Ketika daerah memenuhi persyaratannya, maka akan langsung ditransferkan.

Sebagai destinasi wisata unik, Gili Tramena masih memerlukan banyak penataan. Sehingga bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan yang berkunjung.

Baca Juga :  Pemilu Serentak Harus Dievaluasi

”Tiga gili sendiri menjadi potensi utama sebagai penopang PAD tertinggi bagi KLU,” katanya.

”Tahun ini kita akan maksimalkan juga pungutan retribusi rekreasi wisata bagi wisatawan kapal cepat yang hendak menuju tiga gili. Kita sudah susun perjanjian kerja sama dengan pengusaha kapal cepat,” tandasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/